Share

Palembang Bank Sumsel Juara Baru Proliga

Achmad Firdaus, Jurnalis · Minggu 22 Mei 2011 17:51 WIB
https: img.okezone.com content 2011 05 22 43 459709 9t1BGI0lg0.jpg Foto: Para pemain Palembang Bank Sumsel merayakan gelar juara Voli Proliga 2011/Randy Wirayudha (okezone)

JAKARTA - Tim putra Palembang Bank Sumsel Babel berhasil mencetak sejarah dengan merebut gelar perdana di kancah Voli Proliga 2011. Gelar juara diraih Brian Alfianto dkk dengan menundukkan tim kawakan Jakarta Sananta dengan skor ketat 3-2 (25-16, 19-25, 15-25, 25-20 dan 15-11).

Bertanding di Istora Senayan, Minggu (22/5/2011), Jakarta Sananta yang tampil dengan mayoritas pemain senior tampil dominan di set pertama. Duet legiun asing Sananta, Danilo Cruz de Carvalho dan Sirianis Hernandez kerap membuat repot para pemain Bank Sumsel yang dipaksa menyerah 21-16.

Di set kedua, Bank Sumsel mulai menunjukkan tajinya sebagai tim yang pantas melaju ke babak grand final. Serangan-serangan mematikan mulai diperagakan para pemain Bank Sumsel yang dimotori dua legiun asing Igor Braz dan Thiago Marcel. Meski sempat mendapat perlawanan ketat dari Sananta, Bank Sumsel akhirnya mampu membungkus set kedua dengan 25-19.

Berhasil menyamakan kedudukan (1-1), motivasi para pemain Bank Sumsel kian terdongkrak. Dominasi pun mulai ditunjukkan tim asal Sumatera Selatan itu. Melalui permainan cepat serta pukulan mematikan dari Thiago Marcel, Bank Sumsel berhasil memenangi set ketiga 25-15, sekaligus balik unggul 2-1.

Hanya butuh satu kemenangan untuk memastikan gelar juara, Bank Sumsel justru tampil kendur di set keempat. Justru, Sananta yang tampil beringas demi menjaga peluang untuk merebut gelar juara. Danilo dan Sirianis memegang peranan penting dalam kebangkitan Sananta di set keempat. Melalui spike kerasnya, kedua pemain asing tersebut berhasil membawa Sananta memaksakan set penentuan setelah menyabet kemenangan 25-20.

Memasuki set penentuan, pertandingan mulai panas. Para pemain kedua tim kerap memprotes keputusan wasit, meski masih dalam batas normal. Bank Sumsel mengambil inisiatif serangan dan berhasil unggul 3-0 di awal set.

Namun, Sananta tidak tinggal diam dan terus memberikan tekanan demi mengejar defisit angka. Sebuah spike keras Sirianis membuat kepercayaan diri pemain Sananta kembali meningkat karena mampu memperkecil ketertinggalan menjadi 10-12. Namun, karena kurang tenang dan emosi, para pemain Sananta tidak bisa memanfaatkan momentum dengan baik.

Justru sebaliknya, Bank Sumsel tampil lebih cerdik. Tambahan poin demi poin pun berhasil didapat Brian Alfianto dkk hingga berhasil menyentuh championship point (kedudukan 14-11). Akhirnya, sebuah pengembalian yang keluar dari pemain Sananta memastikan kemenangan (15-11) Palembang Bank Sumsel Babel. Gelar juara untuk kali pertama pun berhasil diraih tim yang musim lalu hanya mampu menembus babak final four.

(acf)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini