Share

Pemenang Kejurnas PBSI 2022 Belum Tentu Masuk ke Pelatnas Cipayung, Rionny Mainaky Beberkan Alasannya

Andika Rachmansyah, Jurnalis · Jum'at 02 Desember 2022 01:04 WIB
https: img.okezone.com content 2022 12 01 40 2718727 pemenang-kejurnas-pbsi-2022-belum-tentu-masuk-ke-pelatnas-cipayung-rionny-mainaky-beberkan-alasannya-IRhKjOHEl4.jpg Kabid Binpres PBSI, Rionny Mainaky. (Foto: PBSI)

JAKARTA – Pemenang Kejuaraan Nasional (Kejurnas) PBSI 2022 dipastikan takkan otomatis masuk Pelatnas Cipayung. Ternyata ada alasan mengapa PBSI melakukan seperti itu dan Kabid Binpres PP PBSI, Rionny Mainaky pun mencoba menjelaskannya.

Untuk diketahui, Kejurnas PBSI akhirnya kembali digelar setelah dua tahun vakum. Ajang tersebut akan dihelat di Pelatnas PBSI Cipayung, Jakarta Timur, sejak Kamis 1 Desember 2022. Terdapat dua kategori yang akan dimainkan, yaitu beregu campuran kelompok dewasa dan Kejuaraan perseorangan kelompok taruna (di bawah 19 tahun).

Adapun total peserta yang mengikuti ajang tersebut sebanyak 628 atlet. Mereka terdiri dari 238 atlet yang berasal dai 21 klub di Tanah Air yang akan bersaing menjadi yang terbaik di sektor ganda campuran dewasa. Sementara pada perorangan taruna ada 390 atlet dari 26 provinsi yang mempertandingkan lima nomor.

Rionny Mainaky

Pemenang dari kategori perseorangan taruna akan mendapat kesempatan untuk mengikuti Seleknas. Meski demikian, mereka belum tentu bisa menjadi penghuni Pelatnas PBSI Cipayung.

"Kejurnas ini adalah kejuaraan untuk seluruh pengprov di mana pemain pemain terbaik bisa berkumpul di sini, berpartisipasi menunjukkan pemain dan hasil terbaiknya," kata Rionny kepada awak media termasuk MNC Portal Indonesia, Jumat (2/12/2022).

"Seperti yang disampaikan, hasil kejurnas tidak mutlak masuk pelatnas. Tapi yang juara akan dipilih untuk berhak ikut Seleknas," lanjutnya.

Follow Berita Okezone di Google News

"Kenapa? Karena kan kadang ada juga pemain bagus, tapi karena sakit jadi enggak juara. Jadi enggak segampang itu masuk pelatnas. Dulu kan susah masuk pelatnas. Diterapkan seperti ini, yang direkrut pasti yang terbaik," tambah Rionny.

Rionny menambahkan, Seleknas PBSI akan diikuti oleh 16 pemain yang memiliki peringkat terbaik dalam peringkat nasional tahun ini. Adapun peringkat nasional tersebut berdasarkan dari pencapaian mereka pada setiap turnamen nasional seperti Sirnas (Sirkuit Nasional) dan Kejurnas.

Rionny Mainaky (Quadiliba Al-Farabi/MPI)

"Iya, jadi berdasarkan peringkat 1-15 yang lolos ke Seleknas, nah satunya dari juara kejurnas ini, dia berhak. Di ganda itu kan ada delapan, tujuh dari peringkat dan satunya yang juara Kejurnas," sambung Rionny.

"Untuk peringkat, pakai sirnas juga. Jadi setelah sirnas premier di Jakarta terakhir dan Kejurnas ini, poin secepatnya akan keluar dan baru diumumkan. Jadi memang harus bekerja keras PBSI karena waktunya mepet," tutupnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini