Share

Ganda Putra Malaysia Juara, Ketika Kilau Emas Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan Kalah Silau dengan Sentuhan Rexy Mainaky

Reinaldy Darius, Jurnalis · Senin 29 Agustus 2022 11:13 WIB
https: img.okezone.com content 2022 08 29 40 2656484 ganda-putra-malaysia-juara-ketika-kilau-emas-mohammad-ahsan-hendra-setiawan-kalah-silau-dengan-sentuhan-rexy-mainaky-Gu8EAag2fi.jpg Rexy Mainaky jadi pembeda antara Aaron Chia/Soh Wooi Yik dan Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan (Foto: Instagram/infosukan.malaysia)

GANDA putra Malaysia juara, ketika kilau emas Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan kalah silau dengan sentuhan Rexy Mainaky. Pasangan ganda putra veteran Indonesia harus menyerah di tangan perwakilan Malaysia, Aaron Chia/Soh Wooi Yik, dalam laga final BWF World Championship 2022, Minggu 28 Agustus 2022.

Aaron Chia/Soh Woi Yik mampu menaklukkan Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan lewat dua set langsung. Dalam pertandingan yang digelar di Tokyo Metropolitano Gymnasium, Tokyo, tersebut, wakil Malaysia menang dengan skor 21-19 dan 21-14.

Aaron Chia/Soh Wooi Yik

Ini merupakan tinta emas dalam sejarah bulu tangkis Malaysia. Sebab, Aaron Chia/Soh Wooi Yik merupakan pemain pertama asal Malaysia yang mampu meraih gelar juara di ajang BWF World Championship sepanjang sejarah.

Kegemilangan Aaron Chia/Soh Wooi Yik nyatanya tidak jauh dari sentuhan midas Rexy Mainaky, mantan pemain ganda putra Indonesia yang kini menjabat sebagai Direktur Kepelatihan Ganda Asosiasi Bulu Tangkis Malaysia (BAM). Mantan pasangan Ricky Subagja itu pun mendapatkan kredit dari media Malaysia, New Straits Times (NST).

“Itu tidak akan mungkin terjadi tanpa sentuhan Midas dari Direktur Kepelatihan BAM Rexy Mainaky dan staf di belakangnya, termasuk dari Institut Olahraga Nasional (NSI), yang bekerja tanpa lelah untuk menyiapkan pebulu tangkis nasional untuk menghadapi dunia,” demikian dalam pernyataan NST pada Senin (29/8/2022).

Rexy Mainaky merupakan legenda bulu tangkis Indonesia yang pernah meraih medali emas di Olimpiade Atlanta 1996 silam bersama pasangannya kala itu, Ricky Subagja. Dia bergabung dengan BAM sebagai wakil direktur yang memantau perkembangan ganda putra Malaysia secara khusus.

Dalam pernyataannya seusai kemenangan di final ganda putra BWF World Championship, Rexy Mainaky mengaku seperti terbebas karena keberhasilannya memberikan gelar pertama untuk Malaysia di ajang ini.

 Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan

“Jujur, saya merasa bebas sekarang. Ini perasaan yang luar biasa. Saya harus berterima kasih kepada para pemain (Aaron/Soh) untuk ini,” kata Rexy dilansir Kompas.

Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan pun bukanlah ganda putra yang bisa dengan mudah dikalahkan. Bahkan, dalam 19 pertandingan sebelumnya yang mereka mainkan di BWF World Championship, pasangan berjuluk The Daddies ini tidak pernah kalah.

Namun, nyatanya pengalaman Rexy Mainaky bermain dalam pertarungan ini. Seberapa silaunya emas yang bisa dipamerkan oleh Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan ternyata masih belum bisa mengalahkan sentuhan Rexy Mainaky.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini