Share

7 Pebulu Tangkis Tersukses di BWF World Championship, Nomor 1 dari Indonesia

Stefani Ira Pratiwi, Jurnalis · Rabu 24 Agustus 2022 19:24 WIB
https: img.okezone.com content 2022 08 24 40 2653876 7-pebulu-tangkis-tersukses-di-bwf-world-championship-nomor-1-dari-indonesia-QLASOl20EW.jpg 7 Pebulu Tangkis Tersukses di BWF World Championship. (Foto: Instagram/hendrasansan)

THE Badminton World Federation (BWF) merupakan sebuah badan pengelola bulu tangkis dunia. Didirikan di London pada 5 Juli 1934 dengan sembilan asosiasi anggota pendiri, hingga kini sudah ada 198 negara yang terdaftar sebagai anggota.

Tahun 1977 adalah saat pertama kali turnamen kejuaraan dunia BWF atau BWF World Championship digelar. Sebagai ajang bergengsi, penyelenggaraan BWF mempertemukan berbagai pemain bulu tangkis di dunia.

Dengan begitu, pemain bulu tangkis yang sukses dalam turnamen ini dapat dikatakan sebagai pemain bulu tangkis terbaik dunia. Berikut merupakan nama-nama pebulu tangkis yang sukses meraih medali emas terbanyak dalam kejuaraan dunia BWF.

Berikut 7 Pebulu Tangkis Tersukses di BWF World Championship:

7. Lin Dan

Lin Dan

Lin Dan adalah pemain tunggal putra terbaik kebanggaan China. Bahkan karena kehebatannya, ia mendapatkan julukan sebagai “Super Dan” dari Peter Gade, seorang pemain bulu tangkis asal Denmark. Sebagai pemain bulu tangkis terbaik China, Lin Dan telah mengukir banyak prestasi.

Dalam perhelatan Kejuaraan Dunia BWF, Lin Dan tercatat sebagai pemain bulu tangkis yang sukses mendapatkan medali emas terbanyak, yaitu sebanyak lima kali. Pada tahun 2006, 2007, 2009, 2011, dan 2013 Lin Dan berhasil menjadi juara dunia dalam pertandingan tunggal putra. Selain itu, ia juga mengukir prestasi dalam ajang Asean Games, Summer Olympics, Badminton Asia Championships, dan masih banyak lainnya.

6. Park Joo-bong

Park Joo-bong

Pada tahun 1980-an hingga tahun 1990-an, nama Park Joo-bong mendominasi ganda putra dan ganda campuran dunia. Ia merupakan atlet asal Korea Selatan yang selama kariernya telah berhasil meraih 5 medali emas di Kejuaraan Dunia BWF.

Di tahun 1985 dan 1991, ia berhasil mendapatkan medali emas dalam pertandingan ganda putra di Kejuaraan Dunia. Lalu di tahun 1985, 1989, dan 1991 ia mendapatkan medali emas untuk ganda campuran di Kejuaraan Dunia berpasangan dengan Kim Moon Soo, Yoo Sang Hee, dan Chung Myung Hee.

5. Zhao Yunlei

Zhao Yunlei

Atlet bulu tangkis selanjutnya yang sukses dalam Kejuaraan Dunia BWF adalah Zhao Yunlei asal China. Selama perjalanan kariernya, Zhao Yunlei telah berhasil memperoleh lima medali dalam Kejuaraan Dunia. Tergabung dalam ganda putri bersama dengan Tian Qing, Zhao Yunlei berhasil mendapatkan medali emas pada tahun 2014 dan 2015.

Sedangkan di tahun 2011, 2014 dan 2015, Zhao Yunlei meraih medali emas dengan permainan ganda campuran berpasangan dengan Zhang Nan. Atas prestasinya, Zhao Yunlei kemudian mendapatkan penghargaan tertinggi bulu tangkis yaitu BWF Hall of Fame pada tahun 2022.

4. Cai Yun dan Fu Haifeng

Cai Yun/Fu Haifeng

Cai Yun merupakan mantan ganda putra nomor satu dunia bersama rekannya Fu Haifeng. Mereka dijuluki Tembok Besar China karena sangat sulit dikalahkan. Empat gelar Kejuaraan Dunia pada tahun 2006, 2009, 2010 dan 2011 yang menjadi pembuktian ganda putra China Cai Yun dan Fu Haifeng dalam perjalanan karier bulu tangkis yang luar biasa.

Dominasi mereka di ganda China seperti Lin Dan di tunggal, membuat keduanya seperti Tembok China yang sulit ditembus. Cai Yun dan Fu Haifeng promosi dengan cepat sejak tahun 2003

3. Gao Ling

Gao Ling merupakan pemain bulu tangkis putri asal China. Ia merupakan peraih 4 medali emas Kejuaraan Dunia BWF. Gao Ling mendapatkan 3 medali emas pada nomor ganda putri pada tahun 2001, 2003 dan 2006 sedangkan 1 medali emas di raih pada nomor ganda campuran pada tahun 2001

Pada tahun 2001 Gao Ling mendapat dua medali dalam satu Kejuaraan Dunia di Sevilla, Spanyol. Kala itu Gao Ling juara di sektor ganda putri bersama Huang Sui. Mereka memenangi perang saudara melawan Zhang Jiewen/Wei Yili. Kemudian Gao Ling juga juara nomor ganda campuran bersama dengan Zhang Jun. Mereka mengandaskan perlawanan Kim Don-moon/Ra Kyung-min asal Korea Selatan.

2. Hendra Setiawan

Hendra Setiawan (PBSI)

Hendra Setiawan dinilai sebagai salah satu pemain ganda putra terhebat dalam sejarah bulu tangkis Indonesia. Diketahui, ia pernah mendapatkan medali emas dalam Kejuaraan Dunia sebanyak empat kali. Medali emas pertama kali didapatkan pada tahun 2007 bersama dengan rekannya, Markis Kido. Selanjutnya, medali kedua, ketiga, dan keempat berhasil ia raih saat berpasangan dengan Mohammad Ahsan, yakni pada tahun 2013, 2015, dan 2019. Dilansir dari laman celebrities.id, Hendra Setiawan pernah pula mendapatkan medali perunggu untuk kategori ganda putra di Kejuaraan Dunia BWF yang saat itu diselenggarakan di Paris pada 2010.

Selain menang dalam kejuaraan dunia, Hendra Setiawan juga memiliki banyak prestasi dalam Olimpiade dan kejuaraan lainnya. Dalam pagelaran Asian Games dan All England, ia pernah mendapatkan medali emas selama dua kali. Hendra juga pernah tiga kali juara di BWF Superseries Finals.

1. Liliyana Natsir

Liliyana Natsir bersam Tontowi Ahmad

Selain Zhao Yunlei, pebulu tangkis asal Indonesia Liliyana Natsir juga mendapatkan penghargaan Badminton Hall of Fame dari BWF pada tahun 2022. Pelantikan dan pemberian penghargaan tersebut dilakukan pada pagelaran Indonesia Open 2022 di Istora Senayan, Sabtu (18/6/2022).

Nama Liliyana termasuk dalam jajaran pemain bulu tangkis legendaris Indonesia. Selama menekuni olahraga ini, ia sudah berhasil mengoleksi 51 gelar internasional. Sementara itu, medali emas Kejuaraan Dunia sudah 4 kali ia dapatkan, yaitu pada tahun 2005, 2007, 2013, dan 2017. Selain itu, ada 24 BWF Super Series dan 10 gelar BWF Grand Prix/Grand Prix Gold yang berhasil Liliyana peroleh.

Baca pembahasan mengenai Kejuaraan Dunia BWF selengkapnya di iNews.id melalui link berikut ini.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini