Share

8 Nomor Angker di MotoGP yang Kini Tak Boleh Digunakan, Nomor 1 Pernah Dipakai Marco Simoncelli

Rivan Nasri Rachman, Jurnalis · Kamis 03 Maret 2022 20:36 WIB
https: img.okezone.com content 2022 03 03 38 2555935 8-nomor-angker-di-motogp-yang-kini-tak-boleh-digunakan-nomor-1-pernah-dipakai-marco-simoencelli-KkzLnIunxv.jpg 8 nomor angker di MotoGP yang kini tak boleh digunakan. (Foto: MotoGP)

8 nomor angker di MotoGP yang kini tak boleh digunakan lagi dapat Anda ketahui di artikel ini. Seperti yang diketahui, nomor yang menempel pada motor berguna untuk menjadi identitas diri untuk dikenali saat mentas di lintasan.

Tak ayal banyak pembalap memilih nomor cantik agar mudah dikenali. Tapi, tahukah Anda bahwa ada banyak nomor yang disebut angker sampai tidak dipakai lagi di ajang balap tersebut. Lalu nomor berapa saja yang termasuk nomor menyeramkan itu?

Berikut 8 Nomor Angker di MotoGP yang Kini Tak Boleh Digunakan:

8. Nomor 74, Daijiro Kato

Daijiro Kato

Daijoro Kato meninggal dunia usai mengalami kecelakaan parah di MotoGP Jepang 2003. Kala itu ia mengalami cedera kepala yang parah hingga membuatnya tak bisa melanjutkan hidup.

Daijoro Kato sendiri dikenal sebagai pembalap berbakat yang digadang-gadang bakal menjadi rider hebat di massa depan. Nomor yang ia kenakan pun, yakni nomor 74 pada akhirnya dipensiunkan pada 2004 silam atau setahun usai dirinya meninggal dunia.

7. Nomor 69, Nicky Hayden

Nicky Hayden

Nicky Hayden meninggal dunia pada Mei 2017 karena kecelakaan lalu lintas di Italia. Sebagai salah satu pembalap yang sangat sensasional di MotoGP, nomor 69 yang ia kenakan pada akhirnya dipensiunkan pada 2019 silam.

Sebelumnya pada nomor 69 sempat digunakan pembalap Tom Booth Amos di Moto3 2017 dan 2019. Lalu juga pernah dipakai Sean Dylan Kelly saat memakai wildcard di Moto2 Valencia 2019.

6. Nomor 65, Loris Capirossi

Loris Capirossi

Capirossi adalah legenda di MotoGP. Ia dikenal sebagai pembalap hebat yang tak pernah merasakan juara dunia di kelas tersebut.

Berkat kehebatannya itu, Dorna Sports selaku promotor MotoGP lantas mempensiunkan nomor 65 yang sudah menjadi nomor identiknya pada 2011 yang lalu. Momen itu terjadi ketika Capirossi memutuskan pensiun.

5. Nomor 50, Jason Dupasquier

Jason Dupasquier

Jason meninggal dunia pada saat mentas di Moto3 Italia 2021 saat tampil di Sirkuit Mugello. Kala itu ia meninggal dunia di usia 19 tahun.

Sebagai pernghormatan, nomor 50 yang dikenakan Jason pun dipensiunkan untuk kelas Moto3 saja.

4. Nomor 48, Shoya Tomizawa

Shoya Tomizawa

Nomor 48 dipensiunkan Dorna Sports pada 2010 usai kecelakaan yang menimpa pembalap Moto2, Shoya Tomizawa. Rider asal Jepang tersebut diketahui meninggal dunia kala mentas di Sirkuit Misano.

Sejatinya Dorna Sport hanya memensiunkan nomor 48 di kelas Moto2 saja. Tapi semenjak meninggalnya Shoya Tomizawa, kelas Moto3 dan MotoGP tak pernah terlihat ada yang mengenakan nomor 48.

3. Nomor 39, Luis Salom

Luis Salom

Pada sesi latihan bebas kedua Moto2 Catalunya 2016, terjadi kecelakaan parah yang menimpa Luis Salom. Ia diketahui menabrak dinding pembatas lintasan dengan keras dan membuat meninggal dunia di usia 24 tahun.

Untuk menghormati Salom, di akhir musim 2016 Dorna Sport memutuskan untuk memensiukan nomor 39 yang dipakai Salom dari kelas Moto2.

2. Nomor 34, Kevin Schwantz

Kevin Schwantz

Schwantz adalah legenda balap MotoGP. Nomornya pun pada akhirnya dipensiunkan sebagai bentuk penghormatan ketika dirinya pensiun.

Menariknya, gara-gara keputusan nomor dipensiunkan itu Andrea Dovizioso yang awalnya mengenakan nomor 34 karena mengidolakan Schwant pun harus rela tak bisa memakai nomor itu lagi. Alhasil, sejak 2008 Dovizioso memakai nomor 04.

1. Nomor 58, Marco Simoncelli

Marco Simoncelli

Marco Simoncelli adalah rider yang sangat unik. Kecelakaan yang membuat meninggal pada MotoGP Malaysia 2011 pun membuat pukulan yang amat besar untuk ajang balap tersebut.

Pada 2016, Simoncelli lantas masuk ke dalam jajaran pembalap legenda MotoGP. Nomor 58 yang sudah dikenakannya sejak kecil pun diputuskan untuk dipensiukan dari ajang balap tersebut.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini