Share

5 Atlet Berdarah Indonesia yang Pilih Bela Negara Lain, Nomor 1 Miliki Pasangan Supercantik

Andika Pratama, Jurnalis · Senin 10 Januari 2022 20:55 WIB
https: img.okezone.com content 2022 01 10 40 2530181 5-atlet-berdarah-indonesia-yang-pilih-bela-negara-lain-nomor-1-miliki-pasangan-supercantik-b6upnULDQH.jpg Lima atlet berdarah Indonesia ini justru membela negara lain (Foto: Reuters)

INDONESIA sering menelurkan atlet-atlet hebat yang berprestasi di berbagai cabang olahraga (cabor). Akan tetapi, tidak semua atlet berdarah Indonesia membela Merah-Putih.

Beberapa ada yang membela negara lain karena berbagai alasan. Berikut lima atlet berdarah Indonesia yang membela negara lain.

5. Lianne Tan

Lianne Tan (Foto: Reuters)

Daftar ini akan dimuai dengan Lianne Tan yang berkecimpung di dunia bulu tangkis, sektor tunggal putri. Ayah Lianne Tan, Henk Tan, berasal dari Bandung, Jawa Barat, dan Ibunya, Maria Meyers, adalah warga negara Belgia.

Lianne Tan pun memutuskan untuk membela Belgia di berbagai turnamen internsional. Kendati begitu, dia amat bangga memiliki darah Indonesia. Dia mengungkapkan itu melalui foto yang diunggah ke instagram-nya, @liannetan20, untuk memperingati hari kemerdekaan Indonesia pada 17 Agustus 2020.

4. Nyl Kiyoshi Yakura

Nyl Kiyoshi Yakura (Foto; Instagram/@nylyakura)

Nyl Kiyoshi Yakura adalah pebulu tangkis lain yang masuk dalam daftar ini. Dia Lahir di Scarborough, Ontario, Kanada pada 14 Februari 1993. Kiyoshi memiliki darah Indonesia dari sang ibu yang diketahui bernama Susan, sedangkan ayahnya merupakan orang Jepang.

Turun di sektor ganda putra, Kiyoshi memilih untuk membela Kanada yang merupakan tanah kelahirannya. Selain main di ganda putra, Kiyoshi juga sempat main di sektor ganda campuran dan tunggal putra.

3. Ade Resky Dwicahyo

Ade Resky Dwicahyo (Foto: PBSI)

Kemudian, ada nama Ade Resky Dwicahyo. Ade lahir di Indonesia, pada 13 Mei 1998. Kiprah Ade di dunia perbulutangkisan Indonesia sendiri terbilang baik. Dia bahkan sempat menembus pelatnas PBSI junior.

Ade sudah pernah tampil di sejumlah kejuaraan bergengsi untuk membela Indonesia, seperti Kejuaraan Junior Asia dan Kejuaraan Dunia Bulu Tangkis pada 2016, tetapi gagal mempersembahkan gelar.

Setelah itu, Ade mendapat proposal untuk membela Azerbaijan pada 2017. Ade pun menerima proposal itu demi berprestasi di level dunia dan main di Olimpiade. Pasalnya, jika tetap bermain untuk Indonesia, bakat Ade kemungkinan besar tidak kelihatan karena persaingan ketat dengan pebulu tangkis lainnya.

2. Ranomi Kromowidjojo

Ranomi Kromowidjojo (Foto: Instagram/@ranomikromo)

Perenang Ranomi Kromowidjojo adalah salah satu atlet Belanda yang tampil di Olimpiade Tokyo 2020. Meski membela Belanda, perenang berumur 31 tahun itu memiliki darah Indonesia dalam tubuhnya.

Jika menilik pada nama Ranomi, aroma Indonesia sangat kental terasa. Nama Ranomi secara tidak langsung memberitahu, bahwa dia adalah keturunan Jawa.

Darah Indonesia didapatkan Ranomi dari sang ayah, Rudi Kromowidjojo. Sementara itu, kakeknya adalah tenaga perkebunan dari Jawa yang dibawa pemerintah kolonial Belanda ke Suriname.

Kisah perjalanan keluarga Ranomi cukup unik. Ayahnya lahir di Suriname, lalu pindah ke Belanda. Sang ayah pun menikahi gadis asli Belanda bernama Netty Deemter. Dari pernikahan tersebutlah, Ranomi lahir. Akhirnya, Ranomi membela negara sang ibu di ajang internasional.

1. Setyana Mapasa

Setyana Mapasa dan Gronya Somerville (Foto: Reuters)

Setyana Mapasa kini membela Australia di nomor ganda putri pada berbagai turnamen bulu tangkis dunia. Sejak 2014, Setyana dinaturalisasi sehingga menjadi warga negara Australia.

Sebelum menjadi WNA (Warga Negara Asing), Setyana pernah masuk pelatnas PBSI junior. Akan tetapi, cedera membuat karier wanita kelahiran Minahasa, Sulawesi Utara, 15 Agustus 1995 ini, tidak berkembang.

Sejak menjadi warga negara Australia, Setyana memiliki karier cukup bagus di dunia bulu tangkis. Turun di sektor ganda putri bersama si cantik Gronya Somerville, Setyana telah mengukir beberapa prestasi bergengsi. Setyana/Gronya pun ambil bagian di Olimpiade Tokyo 2020.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini