Kalah dari Tunggal Putra Kanada di Piala Sudirman 2021, Jonatan Christie Kecewa Keputusan Wasit

Rio Erfandi, Jurnalis · Selasa 28 September 2021 13:37 WIB
https: img.okezone.com content 2021 09 28 40 2478043 kalah-dari-tunggal-putra-kanada-di-piala-sudirman-2021-jonatan-christie-kecewa-keputusan-wasit-9A6hEYbuMV.jpg Jonatan Christie beraksi di Piala Sudirman 2021. (Foto/Badminton Photo)

VANTAA Jonatan Christie mengalami kekalahan dari tunggal putra Kanada saat berlaga di Piala Sudirman 2021. Dia merasa kecewa dengan sejumlah keputusan wasit yang membuat dia gagal mendapatkan poin.

Berlangsung di Energia Arena, Vantaa, Finlandia, Senin (27/9/2021) malam WIB, Jonatan harus mengakui keunggulan pebulutangkis berusia 19 tahun, Brian Yang. Jonatan menyerah dalam pertarungan tiga gim dengan skor 21-9, 20-22, dan 21-18.

Foto/Badminton Photo

Salah satu momen tidak mengenakkan terjadi pada set terakhir, ketika Jonatan yang hendak mengejar keunggulan poin Brian Yang dengan skor 18-20. Pada poin tersebut, Jonatan melakukan mengira shuttlecock yang dipukul lawannya keluar.

Baca juga: Fajar/Rian Optimis Indonesia Juara Piala Sudirman 2021, tapi Syarat Ini Harus Dipenuhi

Akan tetapi, hakim garis justru menyatakan masuk. Melihat keputusan tersebut, Jojo melayangkan protes kepada wasit. Namun, wasit yang memimpin jalannya laga tersebut tidak mengubah keputusan apapun. Jonatan pun kalah 18-21.

Baca juga: Kalahkan Jonatan Christie di Piala Sudirman 2021, Ini Jawaban Santai Brian Yang

Usai laga berakhir, Jonatan kemudian sedikit mengungkapkan kekesalan saat melakukan wawancara dengan media di area mixed zone, seperti dalam keterangan pers yang diterima MNC Portal Indonesia. Peraih medali emas Asian Games 2018 itu kurang terima dengan keputusan wasit yang menurutnya melakukan kesalahan di poin-poin krusial.

“Sangat kecewa, tiga kali (hakim garis salah membuat keputusan). Wasit (umpire) sama sekali tidak membantu keputusan (yang salah dari hakim garis). Tiga kali di poin krusial. Tapi ini adalah permainan yang harus dilanjutkan. Saya kecewa, saya tidak memberikan tiga poin untuk tim,” ucap Jonatan dalam keterangan pers BWF yang diterima MNC Portal Indonesia, Selasa (28/9/2021).

Meski kecewa, Jonatan akan melupakan kekalahan dramatis dari tunggal putra asal Kanada tersebut dan melangkah maju. Ia mencoba bersyukur karena dalam laga ini masih berada dalam kondisi baik dan tidak cedera.

Foto/Badminton Photo

"Saya ucapkan termakasih kepada Tuhan, karena di akhir pertandingan kondisi saya masih baik dan tidak cedera. Tapi ini adalah permainan yang paling banyak berjalan, tetapi kecewa. Saya tidak punya poin untuk tim saya," tuturnya.

Beruntung kekalahan Jonatan masih mampu ditambal wakil Indonesia lainnya yang sukses menyumbangkan tiga poin. Mereka adalah ganda putra Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto, ganda putri Greysia Polii/ Apriyani Rahayu dan pasangan ganda campuran Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari. Indonesia pun menang dengan skor 3-2.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini