Arena Senilai Rp32 Miliar Siap Jadi Lokasi Pertandingan Cabor Biliar di PON Papua 2021

Andhika Khoirul Huda, Jurnalis · Selasa 21 September 2021 03:21 WIB
https: img.okezone.com content 2021 09 21 43 2474362 arena-senilai-rp32-miliar-siap-jadi-lokasi-pertandingan-cabor-biliar-di-pon-papua-2021-9GM1ABODMr.jpg Ilustrasi permainan biliar. (Foto: MNC Media)

MIMIKA – Pekan Olahraga Nasional (PON) Papua 2021 akan menyajikan berbagai macam cabang olahraga (cabor) yang dipertandingkan. Salah satunya yang paling menarik adalah cabor biliar karena pertandingannya dipastikan digelar di bangunan permanan yang memakan biaya pembangunan hampir Rp32 miliar!

Venue yang bernama GOR Biliar SP 5 Mimika itu dibangun sejak tahun 2019 lalu dan dana tersebut diambil dari APBD Kabupaten Mimika. Bangunan itu dibuat di atas tanah seluas satu hektar dengan kawasan parkiran seluas 2.000 meter persegi.

Dengan bangunan seluas itu, GOR Biliar itu dipasang 16 meja di area pertandingan dengan pencahayaan yang bertenaga 9.000 watt. Selain itu, untuk area parkir bisa menampung 180 mobil.

Baca Juga: World 10 Ball Championship 2021 di Las Vegas, Perjuangan Pebiliar Feri Satriyadi Terhenti Usai 2 Kali Kalah

Ilustrasi permainan biliar

Sub Koordinator Mobilisasi dan Distribusi Peralatan PB PON Papua, Gustaf Puy, mengatakan selain venue yang sudah siap, kebutuhan pendukung pertandingan biliar sudah tiba di Mimika dan tinggal dilakukan pemasangan.

Puy juga menyebut bahwa di arena cabor biliar akan terpasang kamera untuk live streaming, papan waktu dan skor, dan lain-lain.

"Beberapa kebutuhan pendukung pertandingan untuk cabor biliar sudah tiba di Mimika. Lalu tinggal dilakukan pemasangan di arena pertandingan," kata Puy dikutip dari laman resmi PON XX Papua, Selasa(21/9/2021).

“Ada 30 item barang kebutuhan pendukung pertandingan yang didatangkan dari dalam dan luar negeri. Semua barang sudah kita lakukan pemeriksaan di venue,” imbuhnya.

Selain itu, cabor biliar juga akan menggunakan tiga meja biliar berkualitas dunia. Ketiga meja itu adalah Pool Wiraka Dynasty, Snooker Wiraka M.1 dan Carom Hollywood Pro Am – V.

ilustrasi biliar

Sekadar informasi, pertandingan cabor biliar PON XX Papua akan digelar pada 3 Oktober hingga 14 Oktober 2021. Enam belas nomor pria dan empat nomor putri dijadwalkan akan bertandinga pada cabor tersebut.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini