Greysia Polii/Apriyani Rahayu Sumbang Emas di Olimpiade Tokyo 2020, Tontowi Ahmad: Welcome To The Club

Rio Erfandi, Jurnalis · Senin 02 Agustus 2021 15:47 WIB
https: img.okezone.com content 2021 08 02 40 2449654 greysia-polii-apriyani-rahayu-sumbang-emas-di-olimppiade-tokyo-2020-tontowi-ahmad-welcome-to-the-club-Jaa7IjmIQB.jpg Greysia Polii dan Apriyani Rahayu meraih medali emas di Olimpiade Tokyo 2020. (Foto/Reuters)

TOKYO Greysia Polii/Apriyani Rahayu menyumbangkan medali emas bagi Indonesia di Olimpiade Tokyo 2020 melalui cabang olah raga bulu tangkis nomor ganda putri. Kemenangan tersebut mendapat pujian dari senior mereka, Tontowi Ahmad, yang juga pernah merasakan hal serupa.

Greysia bersama pasangannya, Apriyani, tampil melawan wakil China, Chen Qingchen/Jia Yifan di Musamori Plaza, Senin (2/7/2021). Mereka menang lewat dua gim langsung dengan 21-19 dan 21-15.

Foto/Okezone

Atas capaiannya itu membuat publik Indonesia bangga dengan torehan yang didapatkan oleh Greysia/Apriyani. Begitu pula dengan Tontowi Ahmad, yang telah memberi selamat kepada kedua pasangan tersebut lewat postingan Instagram pribadinya.

“Welcome To The Club,” tulis Tantowi.

Baca juga: Profil Greysia Polii/Apriyani Rahayu, Penyumbang Medali Emas Pertama bagi Indonesia di Olimpiade Tokyo 2020

Tontowi Ahmad merupakan penyumbang medali emas saat tampil bersama pasangannya Liliyana Natsir di nomor ganda campuran. Mereka tambil baik di Olimpiade Rio de Janiero 2016.

Baca juga: Lika-liku Perjalanan Greysia Polii di Olimpiade, dari Skandal Sampai Raih Medali Emas

Tontowi/Liliyana berhasil membawa pulang medali emas usai mengalahkan pasangan asal Malaysia, Chang Pheng Soon/Goh Liu Ying. Mereka menang dengan skor 21-14 dan 21-12.

Sementara kemenangan Greysia/Apriyani membuat mereka menjadi peraih emas kedelapan bagi Indonesia.

Sebelumnya, pada gelaran Olimpiade Barcelona 1992, Susy Susanti berhasil menyumbang emas pada cabor bulu tangkis tunggal Putri. Itu adalah torehan pertama yang didapatkan oleh Indonesia.

Alan Budi Kusuma, juga melengkapi medali emas pada sektor tunggal putra bagi Indonesia. Di laga final Alan bertemu juga dengan sesama wakil Indonesia Ardy B Wirananta di Olimpiade Barcelona 1992.

Foto/PBSI

Kemudian emas kembali didapatkan dari beberapa pemain yang mewakili Indonesia di sektor ganda Putra di ajang empat tahunan tersebut. Dimulai dari Olimpiade Atalanta 1996, oleh pasangan Rexy Mainaky/Ricky Subagja. Lalu pada Olimpiade Sydney 2000 didapatkan oleh pasangan Tony Gunawan/Candra Wijaya. Pada Olimpiade Beijing 2008, emas disumbang oleh pasangan Hendra Setiawa/Markis Kido.

Tidak ketinggalan juga pada sektor tunggal putra, Indonesia diwakili Oleh Taufik Hidayat pada Olimpiade Athena 2004. Taufik berhasil menyabet emas Olimpiade usai mengalahkan pemain asal Korea Selatan Seung Mo Shon.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini