Rebut Medali Perunggu di Olimpiade Tokyo 2020, Presiden Jokowi: Selamat Rahmat Erwin Abdullah!

Rivan Nasri Rachman, Jurnalis · Kamis 29 Juli 2021 09:06 WIB
https: img.okezone.com content 2021 07 29 43 2447679 rebut-medali-perunggu-di-olimpiade-tokyo-2020-presiden-jokowi-selamat-rahmat-erwin-abdullah-bkpmBHHkB5.JPG Rahmat Erwin Abdullah di Olimpiade Tokyo 2020. (Foto: Reuters)

TOKYO – Presiden Republik Indonesia (RI), Joko Widodo, merasa senang Tanah Air berhasil menambah perolehan medali di ajang Olimpiade Tokyo 2020. Lagi-lagi, medali Indonesia itu disumbangkan dari cabang olahraga (cabor) angkat besi, yang kali ini dipersembahkan oleh Rahmat Erwin Abdullah.

Keberhasilan Rahmat dalam menyumbangkan medali ketiga untuk Tanah Air di Olimpiade Tokyo 2020 itu lantas membuat masyarakat Indonesia merasa bangga, termasuk Jokowi. Jokowi tak lupa mengucapkan selamat kepada atlet mudah berprestasi tersebut.

“Satu medali lagi dari Olimpiade Tokyo untuk Indonesia. Atlet angkat besi putra, Rahmat Erwin Abdullah, merebut medali perunggu di kelas 73 kg dalam pertandingan semalam. Selamat untuk Rahmat," bunyi cuitan Jokowi di Twitter pribadinya, @jokowi, Kamis (29/7/2021).

Rahmat Erwin Sabet Perunggu, Dubes RI untuk Jepang Yakin Ada Medali Lain untuk Indonesia di Olimpiade Tokyo 2020

Rahmat Erwin Abdullah di Olimpiade Tokyo 2020

Wajar memang jika sampai Presiden Jokowi mengucapkan selamat kepada Rahmat, sebab apa yang dilakukan lifter kelahiran Makassar 13 Oktober 2000 itu sangatlah luar biasa. Ia mampu menyumbangkan medali perunggu di percobaan pertamanya mengikuti kompetisi Olimpiade.

Lebih hebatnya lagi, Rahmat sebenarnya tak terlalu diharapkan bisa mengoleksi medali. Sebab, ia yang turun di nomor 73 kg putra tersebut bukanlah atlet yang dijagokan untuk meraih medali di kelas tersebut.

Terbukti, di mana Rahmat hanya bisa tergabung di Grup B saat tampil di nomor 73 kg. Rahmat tak dapat berkompetisi di Grup A yang berisikan lifter-lifter andalan di nomor 73 kg tersebut.

Meski tak diunggulkan, Rahmat nyatanya tetap tampil berusaha sebaik mungkin saat Grup B beraksi pada Rabu 28 Juli 2021. Berkat usahanya itu, Rahmat lantas berhasil membukukan total angkatan 342 kg dari upayanya di snatch 152 kg dan 190 kg saat tampil di clean and jerk.

Berkat total angkatan 342 kg tersebut, Rahmat menjadi yang terbaik di Grup B. Namun, pada saat itu hasil Rahmat belum pasti dapat meraih medali lantaran Grup A baru akan bermain selang beberapa jam.

Rahmat Erwin Abdullah di Olimpiade Tokyo 2020

Ketika Grup A tampil, ternyata hanya ada dua lifter saja yang sanggup melewati total angkatan 342 kg yang sudah dicatatkan Rahmat. Kedua atlet itu Julio Mayora (Venezuela, 346 kg) dan Shi Ziyong (China, 364 kg).

Karena hanya dua atlet yang bisa melewati catatan Rahmat, lantas lifter berusia 20 tahun tersebut pun berhasil mendapatkan medali pertamanya di ajang Olimpiade. Jadi, tak heran jika masyarakat Indonesia, bahkan Presiden Jokowi mengucapkan selamat kepadanya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini