Wakil India Menang, Marcus/Kevin Juara Grup A Bulu Tangkis Olimpiade Tokyo 2020

Andika Rachmansyah, Jurnalis · Selasa 27 Juli 2021 12:08 WIB
https: img.okezone.com content 2021 07 27 40 2446603 wakil-india-menang-marcus-kevin-juara-grup-a-bulu-tangkis-olimpiade-tokyo-2020-TlMCJrPA5A.jpg Marcus Gideon dan Kevin Sanjaya beraksi di Olimpiade Tokyo 2020. (Foto/Reuters)

TOKYO – Pasangan ganda putra India, Satwiksairaj Rankireddy/Chirag Shetty, meraih kemenangan pada laga pamungkas Grup A Olimpiade Tokyo 2020. Hasil itu sekaligus membantu Marcus Gideon/Kevin Sanjaya menjadi juara grup meski sebelumnya kalah dari wakil Taiwan.

Berlangsung di Musashino Forest Plaza, Selasa (27/7/2021) WIB, Rankireddy/Shetty membungkam wakil Inggris, Ben Lane/Sean Vendy. Pertandingan berakhir dengan skor 21-17 dan 21-19.

Foto/Reuters

Kemenangan tidak berarti bagi Rankireddy/Shetty kareana dipastikan gagal lolos ke babak perempatfinal. Akan tetapi, kemenangan tersebut sangat berarti bagi pasangan ganda putra Indonesia, yakni Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo.

Baca juga: Tumbangkan Jagoan Korea Selatan, Ahsan/Hendra Juara Grup D Bulu Tangkis Olimpiade Tokyo 2020

Sebab, seperti diketahui, Marcus/Kevin harus menelan kekalahan pada laga terakhir Grup A saat melawan Lee Yang/Wang Chi-Lin. Mereka menyerah dalam pertarungan tiga set, 18-21, 21-15, dan 17-21.

Baca juga: Hancurkan Peringkat 1 Dunia, Greysia Polii/Apriyani Juara Grup A Bulu Tangkis Olimpiade Tokyo 2020

Kekalahan tersebut sempat membuat harapan Marcus/Kevin lolos sebagai juara Grup A menipis. Akan tetapi, asa itu kembali muncul ketika pasangan India, Rankireddy/Shetty, menumbangkan Lane/Vendy.

Berkat kemenangan Rankireddy/Shetty, maka poin mereka setara dengan Marcus/Kevin dan Lee/Wang, yakni dua - poin. Ketiga pasangan tersebut sama-sama mengoleksi dua poin. Setelah itu masuk ke perhitungan head-to-head, ketiga pasangan saling mengalahkan.

Akan tetapi, perbedaan terlihat pada game difference. Berdasarkan perhitungan game difference ketiga pasangan tersebut, Marcus/Kevin mengungguli kedua pasangan tersebut. The Minions –julukan Marcus/Kevin- unggul dengan skor 3-2.

Sementara itu, peringkat kedua ditempati Lee/Wang yang memiliki game difference 3-3. Lalu, Rankireddy/Shetty harus puas berada di urutan ketiga setelah memiliki game difference dengan skor 2-3.

Foto/Reuters

Tentu saja, kemenangan ini sedikit melegakan karena setidaknya Marcus/Kevin bisa terhindar dari lawan-lawan kuat di babak perempatfinal. Terlebih ganda putra Indonesia lainnya yakni Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan juga keluar menjadi juara Grup D.

Karena itu, dua pasangan Indonesia dipastikan saling terhindar di babak perempatfinal bulu tangkis Olimpiade Tokyo 2020. Bahkan bukan hanya itu, Marcus/Kevin dan Ahsan/Hendra bisa saling bertemu di partai final atau All Indonesian Final.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini