Olimpiade Tokyo 2020, Diananda Choirunisa Akui Buat Kesalahan hingga Tempati Peringkat Ke-40

Sri Lestari Rahayuningtyas, Jurnalis · Jum'at 23 Juli 2021 13:15 WIB
https: img.okezone.com content 2021 07 23 43 2444847 olimpiade-tokyo-2020-diananda-choirunisa-akui-buat-kesalahan-hingga-tempati-peringkat-ke-40-CkjRgWCWyG.jpg Diananda Choirunisa saat tampil di Olimpiade Tokyo 2020. (Foto: Komite Olahraga Indonesia)

TOKYO – Pemanah putri Indonesia, Diananda Choirunisa, harus puas hanya menempati posisi ke-40 di babak penentuan peringkat (ranking round) individual putri cabang olahraga (cabor) panahan Olimpiade Tokyo 2020. Mendapati hasil ini, Diananda mengaku melakukan beberapa kesalahan selama tampil di babak itu.

Sebagaimana diketahui, Diananda Choirunisa baru saja merampungkan sesi perseorangan putri. Tampil di Yumenoshima Park, Jumat (23/7/2021) pagi WIB, pemanah berusia 24 tahun itu harus puas menempati peringkat ke-40 dengan 631 poin.

Diananda Choirunisa

Meski begitu, Nisa -sapaan akrab Diananda- mengaku sudah menampilkan performa terbaiknya. Walaupun pada satu sisi, atlet kelahiran Surabaya itu mengaku juga melakukan beberapa kesalahan yang merugikannya.

BACA JUGA: Tempati Posisi 40, Diananda Choirunisa Hadapi Wakil Denmark di 32 Besar Panahan Olimpiade Tokyo 2020

Angin yang terus berubah membuat Nisa kesulitan membaca kondisi di lapangan dan melakukan koreksi. Alhasil, dia belum bisa tampil maksimal. Tapi, Nisa bersyukur karena menyelesaikan kompetisi dengan cukup baik.

BACA JUGA: Jadwal Wakil Indonesia di Olimpiade Tokyo 2020 Hari Ini, Jumat 23 Juli 2021

“Alhamdulillah, walaupun ada satu, dua kesalahan. Saya sempat melakukan kesalahan koreksi dan ada anak panah yang sobek juga. Semoga di babak berikutnya, saya bisa semakin masuk dalam penampilan terbaik saya,” kata Diananda Choirunisa, sebagaimana keterangan pers yang diterima MNC Portal Indonesia, Jumat (23/7/2021).

Selain itu, sang pelatih, Lilies Handayani, menyebutkan faktor nonteknis yang membuat anak asuhnya tidak bisa tampil maksimal. Faktor itu ialah kondisi angin. Lilies mengatakan arah angin di Yumenoshima Park terus berubah-ubah.

“Tadi sempat ada anak panah yang sobek. Lalu, Nisa masih bingung dengan arah anginnya karena terus berubah. Kadang dari kiri ke kanan, lalu dari kanan ke kiri, kemudian berhenti. Saya harap di babak berikutnya, Nisa lebih bisa membaca arah angin,” ujar Lilies.

Diananda Choirunisa

Sementara itu, trio Korea Selatan (Korsel) menguasai tiga peringkat teratas dalam babak penentuan peringkat perorangan putri ini. An San menempati peringkat pertama dengan skor 680.

Kemudian, ada Jang Minhee di urutan kedua dengan skor 677. Posisi ketiga diisi oleh Kang Chaeyoung dengan skor 675.

Diananda sendiri dipastikan bakal bertemu pemanah urutan 25 asal Denmark, yakni Maja Jager, di babak berikunya. Dengan hasil yang didapat di babak ini, posisi Indonesia di nomor pertandingan beregu campuran juga akan ikut mendapat pengaruh. Pasalnya, hanya ada 16 tim yang bisa berlaga di nomor beregu campuran tersebut.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini