Bos Ducati Sedih Lihat Perlakuan Yamaha kepada Franco Morbidelli

Ezha Herdanu, Jurnalis · Jum'at 18 Juni 2021 00:15 WIB
https: img.okezone.com content 2021 06 17 38 2426970 bos-ducati-sedih-lihat-perlakuan-yamaha-kepada-franco-morbidelli-AkhSegGxjk.jpg Franco Morbidelli (Foto: motogp.com)

BOLOGNA – General Manager Ducati Corse, Luigi Dalligna, memberikan komentar soal perlakukan Tim Yamaha kepada, Franco Morbidelli. Dalligna pun mengaku sangat prihatin dan sedih dengan apa yang dialami oleh Morbidelli bersama Tim Petronas Yamaha SRT.

Sebagaimana diketahui, Morbidelli memang resmi menjadi bagian dalam Tim Petronas Yamaha SRT sebelum MotoGP musim 2019. Hal tersebut terjadi setelah tim yang dinaunginya Tim Marc VDS Honda berubah nama menjadi Petronas Yamaha SRT di MotoGP 2019.

Selama membela Tim Petronas Yamaha SRT, kiprah Morbidelli memang bisa dikatakan sangat mengesankan. Bahkan pada MotoGP 2020, pembalap jebolan akademi VR46 tersebut berhasil menyabet status sebagai runner-up.

Franco Morbidelli

Ya, Morbidelli memang menunjukkan performa luar biasa sepanjang MotoGP 2020. Bahkan pembalap berkebagsaan Italia tersebut berhasil mengklaim lima podium, yang tiga di antaranya adalah kemenangan.

Meski menunjukkan performa luar biasa di MotoGP 2020, Morbidelli nyatanya tidak mendapatkan perhatian lebih dari Tim Yamaha. Hal tersebut terbukti dengan tidak diberikan YZR-M1 terbaru dari Tim Yamaha untuk Morbidelli di MotoGP 2021.

Baca Juga: Persiapkan Diri untuk MotoGP Jerman, Valentino Rossi Latihan Bareng Bagnaia dan Morbidelli

Kondisi tersebut lantas membuat kiprah Morbidelli di MotoGP 2021 benar-benar mengecewakan. Pasalnya dalam lima balapan yang sudah berlalu, pembalap berkebangsaan Italia tersebut baru sekali meraih podium kala mengaspal di MotoGP Spanyol 2021.

Dalligna pun memberikan komentarnya mengenai perlakuan Tim Yamaha kepada Morbidelli. Dalligna memastikan bahwa apabila Morbidelli adalah pembalap Tim Ducati, dirinya takkan mengalami situasi tersebut.

“Saya tak yakin Ducati akan berperilaku seperti itu kepada seorang rider yang jadi runner -up. Sudah jelas uang memang berpengaruh di kejuaraan ini,” jelas Dalligna, sebagaimana dilaporkan oleh GPOne, Jumat (18/6/2021).

“Akan tetapi, sisi sportif juga harus jadi salah satu hal utama yang dipikirkan pabrikan jika menyangkut tim dan pembalap. Memang benar bahwa keputusan macam itu (memberikan motor spek pabrikan) tak bisa diambil pada akhir musim karena terlalu terlambat,” lanjutnya.

Franco Morbidelli

“Keputusan itu harus diambil pada Juni-Juli. Saya bisa bayangkan Yamaha sedikit tak siap karena tahun lalu musim balap juga terlambat digelar. Mereka mendapati situasi tidak nyaman. Pembalap penting berada di peringkat yang baik, tapi mereka tak punya waktu menangani situasi dengan cara terbaik.”

Baca Juga: Jelang Tampil di MotoGP Jerman 2021, Ini Harapan Franco Morbidelli

“Sayangnya, ini nasib sial Franco. Jelas hal yang tepat adalah memberinya motor sebaik mungkin. Franco layak mendapatkannya, karena ia menjalani musim dengan luar biasa,” tuntas pria berkebangsaan Italia tersebut.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini