Adik Valentino Rossi Ini Anggap Balapan MotoGP Prancis 2021 Benar-Benar Gila

Rivan Nasri Rachman, Jurnalis · Senin 24 Mei 2021 02:04 WIB
https: img.okezone.com content 2021 05 23 38 2414400 adik-valentino-rossi-ini-anggap-balapan-motogp-prancis-2021-benar-benar-gila-m1iXBtpgK0.jpg Pembalap Tim Sky VR46 Esponsorama, Luca Marini. (Foto: MotoGP)

TAVULLIA – Pembalap Tim Sky VR46 Esponsorama, Luca Marini, mengaku sangat menikmati jalannya balapan MotoGP Prancis 2021 yang berlangsung pada Minggu 16 Mei 2021 yang lalu. Adik tiri Valentino Rossi tersebut senang karena itu adalah pengalaman pertama kalinya ia melalui flag-to-flag race.

Menurut Marini, balapan GP Prancis tersebut sebenarnya berlangsung sangat ricuh karena hujan yang turun membasahi Sirkut Le Mans, Prancis. Para pembalap pun seperti kelimpungan untuk mengganti motor dengan ban bertipe basah.

Alhasil, banyak kecelakaan terjadi sebelum para pembalap mengganti ban motor. Karena ban yang dipakai saat awal balapan tak cocok dengan kondisi sirkuit yang tiba-tiba basah usai diguyur hujan.

Baca Juga: Soal Kans Direkrut Tim Valentino Rossi, Begini Jawaban Luca Marini

Luca Marini

Menurut Marini, menggunakan ban bertipe slick benar-benar berbahaya ketika melaju di lintasan yang basah. Namun, itu justru membuat semuanya berjalan menarik dan Marini pun merasa balapan MotoGP Prancis 2021 benar-benar gila.

“Balapan menggunakan ban slick sangat tidak cocok ketika digunakan di lintasan basah. Itu sungguh berbahaya. Namun, sebenarnya itu tidak terlalu membuat stress sama sekali, malahan membuatnya sangat menarik,” kata Marini, melansir dari Speedweek, Senin (24/5/2021).

“Saya sangat menikmatinya (balapan di MotoGP Prancis 2021) karena situasinya benar-benar gila. Anda berada di lintasan dengan ban slick dan tiba-tiba hujan turun, sehingga Anda harus berjuang entah bagaimana caranya,” tambahnya.

Proses pergantian motor pun dikatakan Marini cukup rumit. Sebab banyak pembalap yang masih ragu untukn menukar motor atau tidak. Jadi, kebanyakan rider seperti Marini menunggu pembalap lain untuk menukar motor dengan ban bertipe basah,” lanjutnya.

“Saya masih kurang pengalaman (menghadapi balapan flag-to-flag), saya kehilangan banyak waktu di tahap awal untuk masuk pit dengan ban slcik. Menurut pendapat saya, kami bisa saja mengganti motor itu satu lap lebih awal, tapi tentu saja tidak mudah menjadi yang pertama bertukar motor. Jadi saya tetap mencoba melihat pembalap lain, begitu mereka berganti, saya pun ikut melakukannya ,” tambah Marini.

Luca Marini

“Setelah mengganti motor, sangat sulit untuk menaikkan suhu ban basah. Tapi saya sangat menikmati balapan itu. Itu menyenangkan, ini sesuatu yang berbeda. Anda harus tetap fokus dalam semua situasi gila itu, yang mana tidak mudah. Saya sangat senang karena saya tidak membuat kesalahan apa pun,” imbuhnya.

Luca Marini sendiri dapat finis di urutan ke-12 saat mentas di MotoGP Prancis 2021. Ia finis tepat di belakang Valentino Rossi yang berhasil menyelesaikan balapan.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini