Pebulu Tangkis Vietnam Ini Berpeluang Samai Rekor Lee Chong Wei dan Lin Dan

Bagas Abdiel, Jurnalis · Kamis 15 April 2021 12:42 WIB
https: img.okezone.com content 2021 04 15 40 2395097 pebulu-tangkis-vietnam-ini-berpeluang-samai-rekor-lee-chong-wei-dan-lin-dan-bihYIm6QrU.jpg Tien Minh Nguyen (Foto: Laman resmi OCA)

HO CHI MINH CITY – Pebulu tangkis tunggal putra asal Vietnam, Tien Minh Nguyen, memiliki potensi besar untuk mengukir prestasi gemilang ketika tampil di ajang Olimpiade Tokyo. Tak main-main, ia pun akan menyamai rekor milik dua legenda besar yakni Lee Chong Wei dan Lin Dan.

Peraih medali perunggu Kejuaraan Dunia 2013 itu telah tampil sebanyak tiga kali di Olimpiade. Namun, jika pemain berusia 38 tahun itu mampu kembali mentas di Olimpiade Tokyo pada 2021, maka ia akan menyamai catatan Lee Chong Wei dan Lin Dan yang telah tampil empat kali.

Tien Minh Nguyen

Saat ini, Nguyen sendiri berada dalam urutan ke-28 pada peringkat kualifikasi Olimpiade Tokyo. Tentu, dengan peringkat tersebut ia tidak akan mengalami kesulitan berarti untuk lolos sebagai 38 terbaik. Sedangkan penghitungan kualifikasi Olimpiade akan berakhir pada 13 Juni 2021.

Baca juga Kisah Sedih Lin Dan dan Xie Xingfang yang Gagal Ikuti Jejak Alan-Susy

Sebelumnya, Nguyen telah menjalani debut di Beijing 2008 dan terhenti di babak 32 besar. Setelah itu, ia kembali mentas di London 2012 dan Rio de Janeiro 2016, tetapi gagal lolos dari babak penyisihan grup.

Baca juga Legenda Indonesia Nilai Pensiunnya Lin Dan Takkan Pengaruhi Bulu Tangkis China

Meski Nguyen diprediksi akan kesulitan untuk membawa pulang medali andai kembali tampil di Olimpiade, tetapi ia memiliki kebanggaan tersendiri. Apalagi, berdasarkan laporan di Vietnam, Nguyen menjadi atlet pertama di negaranya yang tampil Olimpiade dalam tiga edisi.

Karena itu, Nguyen sepertinya tidak bisa melewatkan Olimpiade keempatnya di Tokyo pada 23 Juli – 8 Agustus 2021. Terlebih catatan itu akan menyamai rekor Lee Chong Wei dan Lin Dan yang merupakan legenda dari dunia bulu tangkis saat ini.

Lee Chong Wei dan Lin Dan sendiri sama-sama memulai debut di Olimpiade 2004 saat berlangsung di Athena, Yunani. Olimpiade 2016 pun menjadi ajang terakhir untuk mereka, karena pada saat ini dua veteran tersebut telah memutuskan gantung raket.

Sementara itu, bicara soal pensiun, Nguyen sejatinya sempat pensiun setelah Olimpiade 2016. Akan tetapi, hanya selang sebulan, mantan peringkat lima dunia itu memutuskan kembali ke lapangan karena justru merasa bosan.

Tien Minh Nguyen

“Saya mengambil pekerjaan kepelatihan setelah Olimpiade (2016). Tetapi, itu sangat membosankan, saya menyadari bahwa saya tidak ingin hidup seperti ini,” ucap Nguyen, melansir dari The Sport, Kamis (15/4/2021).

Pada September lalu, melalui media sosialnya, Nguyen menyatakan bahwa ia akan pensiun jika mampu meraih 500 kemenangan dalam kariernya. Sementara saat ini, ia telah mencatatkan 463 kemenangan sejak melakoni debut internasional pada 2001.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini