Usai Tes Kesehatan PBSI Siapkan Program Fisik untuk Setiap Atlet

Admiraldy Eka Saputra, Jurnalis · Selasa 13 April 2021 01:10 WIB
https: img.okezone.com content 2021 04 12 40 2393589 usai-tes-kesehatan-pbsi-siapkan-program-fisik-untuk-setiap-atlet-MFqTRoCgWl.jpg Suasan latihan di pelatnas PBSI (Foto: Laman resmi PBSI)

JAKARTA - Usai menjalani tes kesehatan, PP PBSI menyiapkan para atlet penghuni Pelatnas Cipayung melanjutkan rangkaian tes dengan menjalani tes fisik. Sebanyak enam jenis tes fisik yakni core muscle test, vertical jump, medicine ball throw, court agility test, rast test dan bleep test dilahap para atlet pada tersebut.

Kepala Sub Bidang Pengembangan Sports Science PP PBSI, Iwan Hermawan, mengatakan tes ini dilakukan untuk melihat kualitas fisik para pemain yang baru dipanggil bergabung ke pelatnas.

 

"Tes fisik ini adalah rangkaian yang kita adakan untuk skrining atlet-atlet yang kita panggil," kata Iwan Hermawan, Kepala Sub Bidang Pengembangan Sports Science PP PBSI, dilansir dari laman resmi PBSI, Selasa (13/4/2021).

Baca juga: KOI Puji Pembinaan Olahraga Bulu Tangkis di Indonesia

"Biasanya kita buat per sektor dengan jadwal berbeda-beda. Mulai tahun ini kita satukan jadwalnya agar data yang didapatkan bisa serentak termasuk juga tes kesehatan dan psiko tes-nya," lanjutnya.

Iwan mengaku tes ini sangat penting untuk menjadi dasar latihan-latihan yang harus diberikan kepada para atlet.

"Dari data yang didapat dari tes ini kita bisa mengidentifikasi semua komponen dan kualitas fisik atlet-atlet kita," kata Iwan.

"Lalu data ini akan kita konsultasikan ke pelatih fisik untuk menjadi sasaran-sasaran latihan. Demi meningkatkan standar seperti yang kita inginkan, terutama untuk atlet-atlet yang kondisi fisiknya masih kurang," kata Iwan lagi.

Lebih lanjut, Iwan juga menegaskan bahwa program yang dibuat harus bersifat individual karena kebutuhan antara satu atlet dan atlet lain berbeda.

"Saya juga mendorong para pelatih fisik untuk membuat program latihan yang bersifat individualis berdasarkan hasil tes fisik ini. Agar semua atlet bisa terpenuhi kebutuhannya dan akhirnya bisa sama-sama terangkat prestasinya," tandasnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini