5 Pebulu Tangkis Muslim Indonesia yang Jadi Juara Dunia, Ada Taufik Hidayat

Wikanto Arungbudoyo, Jurnalis · Jum'at 29 Januari 2021 12:01 WIB
https: img.okezone.com content 2021 01 29 40 2352898 5-pebulu-tangkis-muslim-indonesia-yang-jadi-juara-dunia-ada-taufik-hidayat-oNIxoB18Ez.jpg Mohammad Ahsan sudah tiga kali menjadi juara dunia (Foto: Badminton Photo)

BULU tangkis menjadi salah satu olahraga terpopuler di Indonesia. Tidak hanya digemari, olahraga tepok bulu itu juga turut mengharumkan nama bangsa di kancah dunia. Sejumlah pebulu tangkis Muslim pernah berstatus sebagai juara dunia sepanjang kariernya.

Ya, Indonesia tercatat sebagai salah satu negara peraih gelar juara dunia terbanyak. Setidaknya, pebulu tangkis Tanah Air pernah menyabet 22 gelar juara dunia dari lima nomor yang dipertandingkan.

Sementara itu, lima peraih gelar juara dunia di antaranya beragama Islam. Siapa saja mereka? Berikut ulasannya yang dirangkum dari berbagai sumber.

Baca juga: Jalani Laga Penentuan Kontra Wakil Korsel, Praveen/Melati Janji Main Habis-habisan

1. Icuk Sugiarto

Pebulu tangkis Muslim pertama yang menjadi juara dunia dari Indonesia adalah Icuk Sugiarto. Ayah dari Tommy Sugiarto itu meraih juara dunia pada 1983. Pada laga final, Icuk memenangi duel melawan rekan senegara, Liem Swie King, dengan skor 15-8, 12-15, dan 17-16.

Perjuangan Icuk Sugiarto terhitung berat. Ia harus menyingkirkan unggulan saat itu, Morten Frost (Denmark) di babak perempatfinal. Sedangkan di semifinal, Icuk menghadapi andalan India Prakash Padukone.

2. Joko Suprianto

Butuh 10 tahun untuk melihat juara dunia tunggal putra lagi. Kali ini, titel tersebut diraih oleh Joko Suprianto pada Kejuaraan Dunia BWF 1993. Lagi-lagi, di babak final terjadi perang saudara lantaran Joko harus menghadapi Hermawan Susanto.

Perang saudara sudah harus dilewati Joko Suprianto pada babak semifinal dengan menyisihkan Ardy B Wiranata. Dengan menaklukkan Hermawan Susanto, Joko berhasil mengikuti jejak Icuk Sugiarto.

3. Ricky Subagja

Bersamaan dengan Joko Susanto, Ricky Subagja juga meraih gelar juara dunia di nomor ganda putra. Ia berpasangan dengan Rudy Gunawan pada 1993. Prestasi cemerlang itu berhasil diulangi Ricky pada Kejuaraan Dunia BWF 1995.

Hebatnya, Ricky Subagja menjadi juara dunia secara beruntun dengan pasangan berbeda. Kali ini, tandemnya adalah Rexy Mainaky.

Taufik Hidayat (Foto: Reuters)

4. Taufik Hidayat

Butuh 12 tahun kali ini untuk melihat juara dunia bulu tangkis dari Indonesia, khususnya di nomor tunggal putra. Gelar bergengsi itu diraih Taufik Hidayat pada Kejuaraan Dunia BWF 2005 di Anaheim, Amerika Serikat (AS).

Dalam perjalanan meraih gelar tersebut, Taufik Hidayat melewati dua orang calon bintang tunggal putra, yakni Lee Chong Wei (semifinal) dan Lin Dan (final). Di final, Taufik mengandaskan perlawanan Lin Dan dengan relatif mudah, yakni 15-3 dan 15-7.

5. Mohammad Ahsan

Mohammad Ahsan mungkin bukan pebulu tangkis Muslim pertama yang menjadi juara dunia. Namun, ia adalah peraih gelar juara terbanyak di antara yang lain. Sebab, pebulu tangkis berusia 33 tahun itu sudah menjadi juara dunia sebanyak tiga kali.

Duet Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan sudah tiga kali jadi juara dunia (Foto: Badminton Photo)

Gelar tersebut pertama kali diraih Mohammad Ahsan pada 2013, berpasangan dengan Hendra Setiawan. Duet yang dijuluki The Daddies itu kemudian tampil sebagai juara dunia pada 2015 dan 2019.

Pasangan Ahsan/Hendra masih mungkin menambah gelar juara. Keduanya berpotensi tampil pada turnamen berikutnya, Kejuaraan Dunia BWF 2021 di Huelva, Spanyol, pada 2021. Andai bisa terus menjaga performa serta fisiknya, potensi menambah gelar masih terbuka lebar.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini