Alex: Pemulihan Cedera Marc Marquez Butuh 3-6 Bulan

Wikanto Arungbudoyo, Jurnalis · Rabu 30 Desember 2020 00:02 WIB
https: img.okezone.com content 2020 12 29 38 2335959 alex-pemulihan-cedera-marc-marquez-butuh-3-6-bulan-UZEGVDkaMf.jpg Marc Marquez sudah absen sejak Juli 2020 (Foto: Twitter/@marcmarquez93)

CERVERA – Setelah beberapa pekan tak mau berbicara, Alex Marquez akhirnya buka suara soal kondisi terkini sang kakak. Menurut pengakuannya, waktu pemulihan pasca-operasi ketiga Marc Marquez bisa memakan waktu 3-6 bulan.

Seperti diketahui, Marc Marquez mengalani cedera patah tulang humerus di lengan kanannya pada seri perdana MotoGP Spanyol 2020, 19 Juli silam. The Baby Alien lantas harus menjalani operasi bedah pada 21 Juli 2020 di Barcelona. Kurang dari 48 jam kemudian, ia muncul kembali di Sirkuit Jerez Angel Nieto.

Hebatnya lagi, Marc Marquez sempat mengaspal pada sesi latihan bebas tiga MotoGP Andalusia 2020, 25 Juli. Namun, pembalap berusia 27 tahun itu lantas mengundurkan diri setelah merasakan sakit luar biasa. Celakanya, cedera bertambah parah ketika Marc Marquez berada di rumah.

Baca juga: Andrea Dovizioso Tak Akan Gantikan Marc Marquez

Marc Marquez berfoto di samping pohon Natal (Foto: Instagram/@marcmarquez93)

Konsekuensinya, operasi bedah kedua terpaksa dilakukan pada 3 Agustus 2020. Setelah itu, pemulihan cedera ternyata berjalan lambat. Operasi ketiga pun dijalani pada awal Desember 2020. Terungkap kemudian, ada masalah pseudoarthrosis serta infeksi pada patahan tulang.

Baik Marc Marquez, Honda Racing Corporation (HRC), dan Repsol Honda, bungkam seribu bahasa mengenai kapan persisnya sang pembalap turun lagi. Alex Marquez pun tak mau mengungkap soal kondisi terkini kakaknya pada beberapa wawancara terakhir.

Kini, pembalap berusia 24 tahun itu berani mengungkap durasi pemulihan cedera Marc Marquez. Menurut penuturan Alex, pemulihan cedera itu bakal memakan waktu antara 3-6 bulan. Dengan demikian, juara dunia MotoGP 2019 itu dipastikan absen pada tes pramusim.

“Baru tiga pekan setelah operasi ketiga dan rasanya terlalu terburu-buru untuk mengatakan Marc akan melewatkan masa pramusim atau dua balapan awal. Masa pemulihan bisa memakan waktu tiga bulan, tetapi jika segalanya semakin rumit, bisa menjadi enam bulan,” tutur Alex Marquez, dikutip dari Corse di Moto, Rabu (30/12/2020).

“Anda harus benar-benar memperhatikan apa kata dokter. Operasinya sungguh lama (delapan jam). Ketika pertama kali pulang ke rumah, saya tidak melihatnya seperti orang yang sama. Namun, semakin hari dia semakin bersemangat dan itu adalah hal terpenting,” sambung juara dunia Moto2 2019 itu.

Marc Marquez pulang ke rumah (Foto: IG/@marcmarquez93)

Jika butuh tiga bulan, maka Marc Marquez paling cepat pulih pada Maret 2021. Itu berarti, Marquez akan melewatkan dua tes pramusim pada Februari. Sementara kemungkinan mengaspal pada seri pembuka di Qatar, 28 Maret 2021, cukup terbuka.

Andai mengambil kemungkinan terburuk, Marc Marquez bisa menepi hingga Juni 2021. Maka, paling cepat pembalap bernomor motor 93 itu kembali tampil pada MotoGP Catalunya 2021, 6 Juni mendatang.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini