5 Fakta MotoGP Emilia Romagna, Sirkuit Favorit Rider Yamaha

Djanti Virantika, Jurnalis · Jum'at 18 September 2020 12:59 WIB
https: img.okezone.com content 2020 09 18 38 2279840 5-fakta-motogp-emilia-romagna-sirkuit-favorit-rider-yamaha-pHv84Q0XFL.jpg Valentino Rossi dan Maverick Vinales. (Foto: MotoGP)

GELARAN MotoGP 2020 terus berlanjut. Memasuki seri ketujuh, balapan bertajuk MotoGP Emilia Romagna 2020 siap digelar di Sirkuit Misano, Italia, pada Minggu 20 September 2020 malam WIB.

Seri Emilia Romagna sendiri merupakan yang pertama kalinya terdapat di kalender MotoGP. Seri ini muncul karena beberapa sirkuit yang akan menggelar balapan ganda di MotoGP 2020 sebagai imbas merebaknya virus corona. Salah satunya akan terdapat di Sirkuit Misano.

Balapan pertama di sirkuit tersebut sendiri sudah digelar pada akhir pekan lalu dengan tajuk MotoGP San Marino 2020. Meski MotoGP Emilia Romagna baru muncul, tetap ada sejumlah fakta menarik yang bisa dikulik. Hal ini tentu saja berkaitan dengan catatan parap pembalap saat mentas di Sirkuit Misano. Berikut lima fakta MotoGP Emilia Romagna.

5. Sirkuit Misano

Fakta pertama tentu saja berkaitan dengan kondisi di Sirkuit Misano. Sirkuit ini sendiri diketahui memiliki panjang 4,2 kilometer (km). Di sepanjang sirkuit, ada 16 tikungan yang akan ditemui para pembalap. Sebanyak enam tikungan ke kiri dan 10 lainnya ke kanan.

Sirkuit Misano

Sirkuit ini sendiri diketahui telah menggelar balapan MotoGP sejak 1980. Nama sirkuit juga telah mengalami perubahan nama. Sebagai bentuk penghormatan terhadap Marco Simonceli, pembalap MotoGP yang tewas dalam balapan, nama sirkuit ini diganti menjadi Misano World Circuit Marco Simoncelli.

4. Fastest Lap

Selanjutnya, fakta yang juga menarik dikulik soal sosok pembalap yang berhasil menorehkan catatan manis di Sirkuit Misano. Salah satunya adalah Maverick Vinales yang berhasil mencatatkan namanya sebagai fastest lap di sirkuit tersebut.

Maverick Vinales

Vinales menjadi fastest lap usai mencatatkan waktu 1 menit 31,411 detik. Rekor ini senddiri baru saja dipecahkan Vinales dalam waktu dekat ini. Tepatnya, hal tersebut terjadi pada sesi kualifikasi MotoGP San Marino 2020.

3. Sirkuit Favorit Pembalap Yamaha

Sirkuit Misano ternyata punya julukan khusus, yakni sirkuit Yamaha. Hal ini terjadi karena para pembalap Yamaha ternyata bisa tampil dominan saat mentas di salah satu sirkuit kebanggaan masyarakat Italia ini.

Valentino Rossi

Yamaha pernah mencatatkan beberapa kemenangan lewat aksi Valentino Rossi, Jorge Lorenzo, dan ternyar Franco Morbidelli. Mereka membawa Yamaha total sudah mengantongi tujuh kemenangan.

2. Poles Terbanyak

Fakta lain adalah soal pembalap yang meraih pole position terbanyak dalam balapan di Sirkuit Misano. Ternyata, status ini tak disandang oleh pembalap yang mentas di MotoGP 2020, lho.

Jorge Lorenzo

Status itu masih disandang oleh Jorge Lorenzo yang sudah memutuskan pensiun dari MotoGP pada 2019. Ia tercatat empat kali menempati pole position di Sirkuit Misano selama berkarier di MotoGP.

1. Pemenang Terakhir

Fakta terakhir soal pemenang di Sirkuit Misano yang menjadi arena balapan MotoGP Emilia Romagna 2020. Ia adalah Franco Morbidelli. Kemenangan Morbidelli di Sirkuit Misano terjadi pada gelaran MotoGP San Marino 2020 yang digelar pada akhir pekan lalu.

Franco Morbidelli

Kemenangan ini juga jadi yang pertama diraih Morbidelli di kelas MotoGP. Hasil manis tersebut juga semakin menjelaskan bahwa Yamaha benar-benar cocok dengan Sirkuit Misano sehingga berpeluang kembali menang dalam MotoGP Emilia Romagna 2020.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini