Berlaga di Olimpiade Catur, Timnas Indonesia Bidik 7 Besar Divisi Utama

Wikanto Arungbudoyo, Jurnalis · Kamis 20 Agustus 2020 17:58 WIB
https: img.okezone.com content 2020 08 20 43 2265070 berlaga-di-olimpiade-catur-timnas-indonesia-bidik-7-besar-divisi-utama-qfDexoAaxF.jpeg Timnas Catur Online Indonesia siap bertarung (Foto: PB Percasi/Kristianus Liem)

JAKARTA – Tim Nasional (Timnas) Catur Indonesia kembali akan turun pada turnamen FIDE Online Chess Olympiad 2020 (Olimpiade Catur). Setelah melalui babak penyisihan pada pekan lalu, mereka tergabung dalam Pool A di Divisi Utama yang ditempati oleh 10 negara lainnya.

Setelah lolos babak penyisihan, Timnas Catur Online Indonesia akan menghadapi sembilan pesaing dari berbagai benua. Pertarungan di Divisi Utama akan dimulai pada 21-23 Agustus 2020. Pool yang ditempati Indonesia termasuk cukup berat karena menghadapi sejumlah raksasa catur Asia.

Pada Pool A terdapat China, India, dan Vietnam. Kapten Tim, Kristianus Liem mengatakan, persaingan di Pool A terhitung sengit. Sebab, dari semua pesaing, Indonesia kemungkinan hanya ada di atas wakil Afrika yakni Zimbabwe saja.

Baca juga: PBSI Gelar Simulasi Piala Thomas dan Uber, Marcus/Kevin Ambil Bagian

“Kekuatan merata berdasarkan rating pembagian pool. Akan tetapi, persaingan ketat karena ada China, India, dan Uzbekistan yang merupakan jagoan Asia,” papar Kristianus Liem kepada Okezone, Kamis (20/8/2020).

IM Irine Kharisma Sukandar bertarung secara online dalam babak penyisihan (Foto: PB Percasi/Kristianus Liem)

Tingginya level lawan membuat Ketua Umum PB Percasi, GM Utut Adianto, menilai masuk tujuh besar saja sudah bagus buat Indonesia. Akan tetapi, Kristianus Liem berjanji tim yang dipimpinnya akan mengerahkan upaya terbaik agar setidaknya bisa lebih tinggi sedikit dari target yang dicanangkan.

“Kali ini berat sekali. Pak Utut sampai bilang masuk tujuh besar saja sudah hebat. Tapi, kami akan berusaha yang terbaik agar lebih tinggi dari tujuh,” imbuhnya.

Pada Jumat 21 Agustus 2020, Timnas Catur Indonesia akan berhadapan dengan Jerman, China, dan Zimbabwe secara online mulai pukul 15.00 WIB. Babak 1 sampai 3 akan menggunakan sistem Round Robin dan format Catur Cepat 15+5.

Timnas Catur Online Indonesia akan menurunkan kekuatan terbaik pada pertandingan Pool A Divisi Utama FIDE Online Chess Olympiad 2020. Nama-nama seperti GM (Grand Master) Susanto Megaranto dan IM (International Master) Irine Kharisma Sukandar siap membawa Indonesia bertarung.

(mrh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini