5 Petinju Muslim yang Keluar sebagai Juara Dunia, Ada Nama Muhammad Ali

Hendry Kurniawan, Jurnalis · Kamis 16 Juli 2020 12:28 WIB
https: img.okezone.com content 2020 07 16 43 2247263 5-petinju-muslim-yang-keluar-sebagai-juara-dunia-ada-nama-muhammad-ali-OztfZsuUyZ.jpg Muhammad Ali (Foto: Reuters)

SAAT ini banyak dikenal atlet musim berprestasi dari dunia sepakbola. Sebut saja nama-nama seperti Mohamed Salah, Sadio Mane, hingga N’Golo Kante. Akan tetapi, nyatanya cabang olahraga tinju juga memiliki sederet atlet muslim berprestasi.

Tidak tanggung-tanggung, mereka bahkan mampu menyabet gelar sebagai yang terbaik, alias menjadi juara dunia. Berikut ini adalah lima petinju muslim yang pernah merasakan titel juara dunia:

5. Ruslan Chagaev

Ruslan Chagaev

Ruslan Chagaev merupakan petinju berkebangsaan Uzbekistan. Ia adalah seorang muslim keturunan Tataria dan aktif berkarier sebagai petinju profesional dari 1997-2016. Chagaev merupakan pemegang sabuk juara kelas berat WBA sebanyak dua kali, yakni pada 2007-2009 dan 2014-2016.

Lebih luar biasa lagi, Chagaev merupakan petinju Asia pertama yang berhasil memenangkan gelar juara kelas berat. Karena kemampuan dan prestasinya yang luar biasa, Chagaev pun mendapat julukan White Tyson. Sebab, Chagaev dianggap seperti Mike Tyson, namun berkulit putih.

4. Bernard Hopkins

Bernard Hopkins

Bernard Hopkins diketahui sebagai petinju berkebangsaan Amerika Serikat yang aktif berkarier selama hampir tiga dekade. Sebab, Hopkins mengawali karier bertinjunya pada 1988 dan baru pensiun di 2016.

Sepanjang kariernya, Hopkins telah mengukir banyak prestasi. Pada 2004-2005 Hopkins merupakan pemegang gelar juara dunia kelas menengah. Sedangkang pada 2011-2012 ia memegang titel juara kelas berat linier.

3. Naseem Hamed

Naseem Hamed

Naseem Hamed atau yang lebih dikenal dengan Prince Naseem merupakan petinju berpaspor Inggris yang aktif berudel sejak 1992-2002. Meski Hamed tak terlalu lama berkarier di dunia tinju, namun ia sukses mengukir banyak prestasi.

Pada 1995-2000 ia memegang gelar juara dunia kelas bulu WBO. Selain itu, Hamed juga berhasil meraih gelar IBF pada 1997 dan titel WBC di medio 1999-2000. Hamed diketahui sebagai petinju kelas bulu terbaik yang dimiliki Inggris. Pada 2015 ia dilantik k dalam International Boxing Hall of Fame.

2. Sadam Ali

Sadam Ali

Sadam Ali merupakan petinju berkebangsaan Amerika Serikat. Meski begitu, Ali adalah keturunan Arab. Ali aktif berkarier sebagai petinju profesional sejak 2009 hingga saat ini.

Ali pernah membuat kejutan pada 2015 lantaran ia berhasil merebut sabuk juara dunia kelas welter WBO. Kala itu ia mengalahkan Francisco Santana. Sedangkan pada 2017 Ali menyabet gelar juara dunia kelas menengan WBO usai menaklukkan Miguel Cotto.

1. Muhammad Ali

Muhammad Ali

Muhammad Ali telah menjadi legenda di dunia tinju. Bahkan, hingga saat ini Ali masih menginspirasi masyarakat dunia, baik sebagai seorang atlet maupun seorang muslim. Pria yang dijuluki The Greatest tersebut dianggap sebagai salah satu tokoh olahraga paling penting dan terkenal di abad ke-20 dan sebagai salah satu petinju terbesar sepanjang masa.

Sepanjang kariernya sebagai petinju, Ali telah menorehkan banyak prestasi, dari mulai menyabet medali emas olimpiade hingga menjadi juara dunia kelas berat. Meski dikenal sebagai seorang muslim, namun Ali sebenaranya adalah mualaf. Ia baru memeluk Islam pada 1961.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini