nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Pembagian Slot Piala Thomas dan Uber 2020, Zona Asia Punya Empat Jatah

Bagas Abdiel, Jurnalis · Rabu 18 Desember 2019 13:38 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 12 18 40 2143370 pembagian-slot-piala-thomas-dan-uber-2020-zona-asia-punya-empat-jatah-7l7sBs90q3.jpg Trofi Piala Thomas (Foto: BWF)

AARHUSPiala Thomas dan Uber 2020 akan digelar di Aarhus, Denmark pada 16-14 Mei 2020. Hanya 16 tim terbaik di berbagai belahan dunia yang bisa tampil di ajang dua tahunan itu. Jatah ke-16 tim tersebut pun tersebar di lima zona yakni Afrika, Asia, Eropa, Pan-Amerika, dan Oseania.

Lalu bagaimana pembagian slot dari masing-masing zona untuk tampil di Piala Thomas dan Uber? Sebelum melangkah ke sana, 16 jatah yang dibagikan, dua slot sudah akan diisi oleh dua tim yakni tim tuan rumah dan juara bertahan.

Piala Thomas Denmark

Dengan demikian, dua slot di Piala Thomas 2020 sudah dipastikan akan ditempati Denmark (tuan rumah) dan China sebagai juara edisi sebelumnya. Sedangkan dua slot di Piala Uber 2020 sudah dipastikan menjadi milik Denmark (tuan rumah) dan Jepang sebagai juara bertahan.

Baca juga 16 Tim Akan Berlaga di Piala Thomas dan Uber 2020

Setelah dua slot terambil, maka ada 14 jatah tersisa yang akan diperebutkan tiap negara dari lima zona. Sebanyak 11 jatah itu pun di antaranya akan diambil dari kualifikasi yang terbagi dalam lima zona. Sementara tiga lainnya akan datang dari slot wildcard.

Slot kualifikasi terbesar akan didapat di zona Asia dan Eropa. Masing-masing zona tersebut akan mendapat empat jatah yang diambil dari semifinalis kualifikasi. Sedangkan zona Afrika, Pan-Amerika, dan Oseania akan mendapat satu jatah yang diambil dari para juara kualifikasi.

Meski tuan rumah dan juara bertahan sudah dipastikan lolos ke babak utama, mereka tetap harus mengikuti pertandingan di babak kualifikasi. Akan tetapi, berdasarkan regulasi BWF, jika ada tuan rumah atau juara bertahan yang menempati posisi lolos dari kualifikasi per zona, maka satu atau dua jatah yang masih kosong itu akan diambil dari peringkat tertinggi per zona berdasarkan ranking tim dunia BWF.

Tim Piala Uber Jepang 2018

Sementara itu, tiga slot tersisa akan datang dari wild card. Tiga negara yang memiliki peringkat terbaik di dunia (di luar 11 tim yang sudah lolos) berhak maju ke Piala Thomas dan Uber 2020.

1
2
Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini