nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Jika Zarco Gabung Repsol Honda, KTM Mau Tampung Lorenzo?

Ramdani Bur, Jurnalis · Minggu 20 Oktober 2019 02:05 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 10 19 38 2119072 jika-zarco-gabung-repsol-honda-ktm-mau-tampung-lorenzo-31sBq3Dt2i.jpg Lorenzo (kiri) bisa terdepak dari Repsol Honda. (Foto: @lorenzo99)

AALST – Peluang Johann Zarco membela Tim Repsol Honda di MotoGP 2020 cukup besar. Jika pembalap asal Prancis itu tampil apik di tiga race pamungkas MotoGP 2019 bersama Tim LCR Honda, manajemen Repsol Honda diyakini takkan ragu untuk memberikan kontrak kepada rider 29 tahun tersebut.

Zarco baru saja dikontrak LCR Honda untuk menggantikan Taakaki Nakagami yang mengalami cedera. Eks pembalap Yamaha Tech 3 itu mengambil tantangan dari LCR Honda setelah memutuskan angkat kaki dari pabrikan asal Austria, KTM.

Johann Zarco

(Zarco bisa dikontrak Tim Repsol Honda)

Karena itu, Zarco belum memiliki tim untuk MotoGP 2020 dan tiga race sisa di MotoGP 2019 bakal dimanfaatkan sebaik-baiknya demi menarik perhatian Repsol Honda. Jika nantinya Zarco benar dikontrak Repsol Honda, apa keputusan yang diambil rekan setim Marc Marquez, yakni Jorge Lorenzo?

BACA JUGA: Hasil Kualifikasi MotoGP Jepang 2019, Marquez Menggila

Setidaknya ada dua kemungkinan yang dapat diambil X-Fuera –julukan Lorenzo. Pertama, Lorenzo bisa bertahan di Repsol Honda, namun dengan status pembalap ketiga atau cadangan.

Opsi lain adalah hengkang ke KTM. Sekadar informasi untuk line-up MotoGP 2020, tinggal KTM yang belum memiliki dua pembalap utama. Saat ini, mereka masih memplot Pol Espargaro sebagai rider utama dan menjadikan Mika Kallio sebagai test rider.

Jorge Lorenzo

(Gaji Lorenzo terlalu tinggi)

Karena itu, mungkinkah KTM menggamit Lorenzo? Peluangnya sangat kecil, mengingat gaji Lorenzo sangatlah tinggi. Bersama Repsol Honda, pembalap 32 tahun itu dibayar 8 juta euro atau sekira Rp126,3 miliar per tahun. Lorenzo berstatus sebagai rider dengan bayaran tertinggi kedua di ajang MotoGP di bawah Marquez yang menerima 12 juta euro (Rp189,4 miliar).

Diyakini, KTM lebih memilih uang 8 juta euro untuk mengembangkan motor, ketimbang menunjuk Lorenzo yang sudah kehilangan taji. Hal yang berbeda jika KTM menggamit Marquez pada MotoGP 2021. Meski gaji Marquez selangit, diyakini ada hal setimpal yang bisa didapat KTM dari The Baby Alien.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini