nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

4 Gelar BWF World Tour yang Pernah Dimenangi Fajar/Rian

Djanti Virantika, Jurnalis · Senin 30 September 2019 12:33 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 09 30 40 2110959 4-gelar-bwf-world-tour-yang-pernah-dimenangi-fajar-rian-BLYXDhTh9F.jpg Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto. (Foto: Laman resmi PBSI)

PRESTASI yang gemilang berhasil diukir oleh para pebulu tangkis Indonesia, khususnya dari nomor ganda putra. Selain pasangan Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo dan Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan, nama pasangan ganda putra Indonesia, Fajar Alfian/Muhammad Ardianto, juga turut diperhitungkan dunia.

Sebab, Fajar/Rian berhasil menorehkan prestasi yang terbilang cukup gemilang. Dalam dua tahun terakhir, pasangan yang kini bercokol di tempat keenam ranking BWF itu tercatat telah berhasil merengkuh empat gelar juara dalam dua tahun terakhir.

Jumlah gelar juara Fajar/Rian pada tahun ini pun bisa terus bertambah mengingat perjalanan kalender BWF World Tour masih terus berlanjut. Pekan ini, mereka pun berpeluang merengkuh gelar juara dari ajang Indonesia Masters 2019 Super 100.

Kali ini, Okezone akan membahas sejumlah gelar juara yang telah diraih Fajar/Rian. Sebagaimana dikutip dari berbagai sumber, Senin (30/9/2019), berikut empat gelar BWF World Tour yang pernah dimenangi Fajar/Rian.

4. Malaysia Masters 2018

Di urutan keempat, ada turnamen Malaysia Masters yang pernah dijuarai oleh Fajar/Rian. Pasangan yang terpaut usia satu tahun itu memastikan diri naik podium pertama di pentas Malaysia Masters Super 500 pada 2018.

Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto juara Malaysia Master 2018

Untuk bisa merengkuh gelar juara, jalan yang terjal harus dilalui Fajar/Rian. Mereka kerap kali harus menghadapi pertarungan sengit di ajang Malaysia Masters 2018. Di partai semifinal, Fajar/Rian harus bertarung tiga set melawan ganda putra Denmark, Mads Conrad-Petersen/Mads Pieler Kolding, untuk bisa lolos ke babak final. Laga kala itu berhasil mereka menangkan dengan skor 15-21, 21-16, dan 21-17.

Di babak final, Fajar/Rian pun harus kembali bergelut dengan pertarungan yang sengit. Berhadapan dengan wakil tuan rumah, Goh V Shem/Tan Wee Kiong, Fajar/Rian dipaksa kembali bertarung rubber game. Tetapi, laga berhasil mereka selesaikan dengan manis dengan skor 14-21, 24-22, dan 21-13. Kemenangan ini memastikan mereka keluar sebagai kampiun.

3. Syed Modi International 2018

Selanjutnya, pada tahun yang sama, Fajar/Rian juga berhasil merengkuh gelar juara di ajang Syed Modi International yang digelar di India. Mereka jadi satu-satunya wakil Indonesia yang berhasil meraih gelar juara di pentas Syed Modi International pada 2018.

Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto juara Syed Modi International 2018

Memegang status unggulan kedua, Fajar/Rian berhasil menyuguhkan penampilan apik di turnamen berlevel Super 300 itu. Tiket ke babak final pun mereka raih setelah menumbangkan ganda putra Rusia, Vladimir Ivanov/Ivan Sozonov, dengan skor 21-14 dan 27-15.

Di babak final, tekanan besar kembali diterima Fajar/Rian karena harus berhadapan dengan wakil tuan rumah, Satwiksairaj Rankireddy/Chirag Shetty. Tetapi, peraih medali perak Asian Games 2018 itu dapat tampil begitu tangguh sehingga memastikan diri keluar sebagai juara setelah menyelesaikan laga dengan skor 21-11 dan 22-20.

2. Swiss Open 2019

Tren positif Fajar/Rian pun dapat berlanjut ke tahun ini. Ajang Swiss Open 2019 jadi turnamen pertama yang berhasil mereka menangkan pada tahun ini. Mereka pun kembali menjadi satu-satunya wakil Indonesia yang bisa meraih gelar juara di ajang Swiss Open 2019 Super 300.

Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto juara Swiss Open 2019

Berstatus unggulan keempat, Fajar/Rian memang berhasil tampil begitu apik. Mereka bahkan bisa menaklukkan rekan senegaranya, Wahyu Nayaka Arya Pangkaryanira/Ade Yusuf Santoso, saat bersua di babak perempatfinal dalam pertarungan dua set yang berakhir dengan skor 21-10 dan 21-17.

Laju Fajar/Rian kala itu benar-benar sulit dihentikan oleh para rivalnya sehingga akhirnya menapakkan kaki ke babak final. Di final, mereka pun dapat membungkam ganda putra Taiwan, Lee Yang/Wang Chi-lin, secara straight set dengan skor 21-19 dan 21-16.

1. Korea Open 2019

Gelar teranyar yang berhasil diraih Fajar/Rian adalah Korea Open 2019 Super 500. Untuk bisa menyegel gelar juara kali ini, Fajar/Rian harus melewati jalan yang terjal karena berhadapan dengan para pemain unggulan.

Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto juara Korea Open 2019

Fajar/Rian bahkan harus berhadapan dengan ganda putra nomor satu dunia sekaligus rekan senegaranya, Marcus/Kevin, di babak perempatfinal. Tetapi, laga dapat dimenangkan dengan skor 22-20 dan 21-17. Tantangan besar Fajar/Rian tak berhenti sampai di situ. Di babak semifinal, mereka berhadapan dengan ganda putra nomor tiga dunia, Li Junhui/Liu Yuchen (China). Tetapi, laga akhirnya diselesaikan dengan manis, dengan skor 27-25 dan 22-20.

Pada babak final, Fajar/Rian kembali berhadapan dengan pemain unggulan. Mereka harus bersua dengan ganda putra peringkat empat dunia (Jepang), Takeshi Kamura/Keigo Sonoda. Tetapi, laga dapat mereka selesaikan secara straight set dengan skor 21-16 dan 21-17.

1
4

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini