nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

The Brave Tournament 2019 yang Diprakarsai IITF Resmi Dimulai

Andika Pratama, Jurnalis · Minggu 29 September 2019 10:42 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 09 29 43 2110628 the-brave-tournament-2019-yang-diprakarsai-iitf-resmi-dimulai-5T7z7oO84g.jpg Dua atlet cilik Taekwondo tengah bertarung di The Brave Tournament (Foto: OKEZONE/Heru Haryono)

JAKARTA - Indonesia International Taekwon-Do Federation (IITF) menyelenggarakan turnamen berskala regional untuk Jabodetabek di Pola Bugar, Jakarta Barat, Minggu (29/9/2019). Turnamen itu IITF beri nama The Brave Tournament 2019. Turnamen seperti ini sebelumnya sudah beberapa kali diadakan. Menurut Ketua Panitia, Pras, turnamen ini sudah empat atau lima kali diselenggarakan IITF. Terakhir kali turnamen ini diselenggarakan ialah pada 2017.

IITF adalah perwakilan resmi dari ITF (International Taekwon-Do Federation) pusat yang berada di Viena, Austria, serta diketuai oleh Prof. Ri Yong Son. Sebagai perwakilan resmi maka IITF amat ingin prestasi taekwondo Tanah Air menanjak dan salah satunya melalui turnamen seperti ini. Itu adalah cita-cita dari Rudijanto Tanoesoedibjo selaku Ketua IITF.

Turnamen tahun ini pun ramai diminati peserta meski hanya mempertandingkan satu kategori saja yakni sparring. Tercatat ada 110 peserta dengan rentan usia tujuh hingga 18 tahun yang akan bertanding untuk menjadi yang terbaik di 22 kelas berat badan.

The Brave Tournament

Juara dari masing-masing kelas nantinya berkesempatan untuk tampil di turnamen luar negeri. Pasalnya, IITF akan memilih beberapa juara dari turnamen ini untuk berkompetisi di luar negeri.

Baca Juga: Thamrin Marzuki Buka Kejuaran Nasional Taekwondo

IITF yang telah memiliki nama di mata internasional memang sering diundang untuk tampil di turnamen luar negeri. IITF belum lama ini mengirimkan 18 atlet (17 pria dan satu wanita) untuk berlaga di Kejuaraan se-Asia Pasifik yang diselenggarakan di Malaysia pada 29-31 Maret 2019.

Menilik pada fakta itu, maka setiap peserta harus menampilkan kemampuan terbaiknya untuk menjadi yang terbaik di turnamen ini. Sebab, kesempatan berprestasi di luar negeri pun terbuka lebar jika IITF mendapat undangan berlaga di luar negeri.

"Ada 110 peserta dan cabang hanya sparing. Ada 22 kelas yang di pertandingkan. Kalo untuk sekarang, pemenang dari turnamen ini akan diprioritaskan untuk mengikuti turnamen di luar negeri. Karena biasanya ada turnamen dari luar negeri yang mengundang kami untuk mengikuti kejuaraan tersebut dan kami bisa pilih dari juara-juara sekarang," ujar Pras saat diwawancarai Okezone, Minggu (29/9/2019).

"Turnamen ini sudah beberapa kali diadakan, sekitar empat sampai lima kali. Untuk jumlah peserta tahun ini karena khusus untuk kategori sparring jumlahnya lebih sedikit dari 2017 tetapi peminatnya juga banyak. Sementara itu usia peserta yang bisa ikut turnamen ini ialah tujuh hingga 18 tahun," sambung Pras.

The Brave Tournament

Sementara itu, untuk tahun depan menilik pada minat yang luar biasa terhadap turnamen seperti ini maka kemungkinan besar akan diadakan lagi. Akan tetapi, IITF berpotensi mengadakan turnamen dengan skala lebih besar yakni nasional.

Baca Juga: Ketum PBTI Resmi Buka Kejuaraan Taekwondo Piala Menpora

"Para juara nantinya akan mendapatkan medali dan sertifikat dari IITF. Untuk tahun depan tidak menutup kemungkinan kami akan mengadakan turnamen lebih besar berskala nasional," pungkasnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini