nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

MotoE Akan Lakukan Uji Coba di Beberapa Sirkuit MotoGP

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Kamis 15 Februari 2018 03:15 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 02 14 38 1859773 motoe-akan-lakukan-uji-coba-di-beberapa-sirkuit-motogp-NK8wp0D7JJ.jpg MotoE (Foto: AFP)

PARIS – Dalam beberapa bulan ke depan, para penggemar MotoGP akan melihat MotoE melakukan beberapa uji coba yang kemungkinan besar akan berlangsung di Sirkuit Jerez, Le Mans dan Mugello. Tes ini sengaja dilakukan untuk menguji kesiapan MotoE yang rencananya akan digelar pada musim 2019.

Sejauh ini kompetisi balap motor listrik masih belum mampu membuat para penggemar kagum, pasalnya balapan ini sama sekali tidak menggunakan bahan bakar yang dinilai akan membuat perlombaan menjadi semakin seru.

Meski demikian, kejuaraan motor listrik sangat penting dalam segala hal. Pasalnya, MotoE adalah kategori balap motor kelas pertama yang benar-benar ada sejak kelas 50cc yang lahir pada musim 1962.

Selain itu MotoE juga merupakan penunjuk penting di masa depan, supaya pemerintah mulai mencoba meninggalkan kendaraan bertenaga bahan bakar di jalanan. Selain itu MotoE juga ingin menghadirkan ajang balap yang lebih ramah lingkungan dimana para penonton tidak akan lagi mencium asap bensin seperti pada balapan sebelumnya.

MotoE resmi diluncurkan di Roma pada pekan lalu, tapi menurut saya masih banyak trik yang belum terjawab hingga saat ini. Dorna bisa menghubungkan masa depan dan masa lalu dengan melakukan peletakan beberapa mil lebih jauh ke Sungai Tiber di Circus Maximus.

Beberapa pihak memang menolak rencana balap motor listrik karena dinilai tidak bisa menghasilkan suara yang menggelegar seperti motor berbahan bakar pada umumnya. Selain itu motor listrik dinilai tidak mampu meluncur dengan cepat mengalahkan motor biasa.

Baca Juga:

(Luthi Sempat Tekuni Olahraga Ski Sebelum ke Motor)

Namun sebernarnya anggapan mereka bahwa motor listrik tidak cukup cepat adalah sebuah kesalahan besar. Balapan motor listrik tercepat, bisa menghasilkan lebih dari 200 tenaga kuda. Memang Direktur Teknologi MotoGP, Corrado Cecchinelli percaya bahwa motr listrik sudah bisa mengalahkan kecepatan motor MotoGP di atas satu putaran tunggal dan menggunakan baterai berumur pendek.

Mungkin hal yang paling menarik dari kompetisi motor listrik adalah lekukan kinerja mereka yang naik dengan drastic. Satu-satunya perlombaan motor listrik yang layak dibicarakan adalah Isle of Man’s Zero TT yang mulai digelar pada 2009 dengan rekor tercepat 87,4mph. Namun, rekor saat ini yang berhasil tercapai adalah 118,4 mph berkat bantuan Mugen yang merupakan anak perusahaan milik Soichiro Honda.

(lsk)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini