Image

Jadwal Tes Pramusim MotoGP 2018 di Thailand

Ramdani Bur, Jurnalis · Rabu 14 Februari 2018 00:05 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2018 02 13 38 1859127 jadwal-tes-pramusim-motogp-2018-di-thailand-6E4Ysegm9a.jpg Sirkuit Buriram tampak dari atas. (Foto: AFP/Lilian Suwanrumpha)

TES Pramusim MotoGP 2018 akan kembali digelar setelah sebelumnya dilangsungkan di Sirkuit Sepang, Malaysia pada akhir Januari 2018. Pada 16-18 Februari, tes pramusim kedua MotoGP 2018 akan dilangsungkan di Sirkuit Buriram, Thailand.

Ini merupakan yang pertama bagi para rider MotoGP untuk menjajal Sirkuit Buriram. Sirkuit sepanjang 4,5 km itu menggelar tes pramusim setelah menggantikan Sirkuit Phillip Island, Australia, yang sebelumnya dijadikan arena pemanasan.

Musim 2018 merupakan yang pertama bagi Sirkuit Buriram menggelar balapan MotoGP. Sirkuit kebanggaan publik Thailand itu akan menggelar seri ke-15 yang digelar pada 7 Oktober 2018. Karena itu, mentas untuk pertama kali di Negeri Gajah Putih membuat para rider harus beradaptasi terlebih dulu.

BACA JUGA: Ezpeleta Berikan Ruang bagi Rossi Bertahan di MotoGP

Masalah adaptasi, dua pembalap ternama yakni Valentino Rossi (Movistar Yamaha) dan Marc Marquez (Repsol Honda) bisa dikedepankan untuk menjadi yang terbaik di Thailand. Apalagi, Marquez dan Rossi diprediksi akan tampil habis-habisan di Thailand setelah di tes terakhir yang berlangsung di Malaysia, Marquez dan Rossi gagal meraih hasil maksimal.

Pada hari ketiga tes, The Baby Alien –julukan Marquez– hanya menduduki posisi tujuh. Sementara itu The Doctor –julukan Rossi– berada satu posisi lebih rendah. Selain performa Rossi dan Marquez, menarik menilik raihan yang akan didapat rider Ducati Corse, Jorge Lorenzo.

X-Fuera –julukan Lorenzo– yang tampil minor di MotoGP 2017, menampilkan performa luar biasa di tes pramusim MotoGP 2018 Malaysia. Pada hari ketiga tes, rider berpaspor Spanyol keluar sebagai yang tercepat. Ia mencatatkan waktu terbaik 1 menit 58,830 detik. Lorenzo unggul 0,179 detik dari Dani Pedrosa (Repsol Honda) di posisi dua.

BACA JUGA: Kehadiran Lorenzo Jadi Motivasi Rossi untuk Juarai MotoGP 2008

Namun, hasil impresif di tes pramusim bukan jaminan sebuah tim akan meraih kesuksesan. Musim lalu, Tim Movistar Yamaha sudah mengalaminya. Pada tes pramusim hingga awal MotoGP 2017 berjalan, duo Movistar Yamaha yakni Maverick Vinales dan Rossi tampil memesona.

Akan tetapi setelah kompetisi berjalan seperempat jalan, performa keduanya terus merosot. Bahkan di paruh kedua musim, baik Rossi dan Top Gun –julukan Vinales– gagal memenangi balapan dan harus merelakan gelar juara tim kepada Repsol Honda.

(Ram)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini