Image

Top Sport: Empat Alasan Rosberg Pensiun dari F1

Pidekso Gentur Satriaji, Jurnalis · Jum'at 16 Desember 2016, 13:25 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2016 12 16 37 1568254 top-sport-empat-alasan-rosberg-pensiun-dari-f1-WlPdKGBiti.jpg Nico Rosberg (Foto: Reuters)

NICO Rosberg membuat keputusan mengejutkan beberapa pekan yang lalu. Sosok berkebangsaan Jerman ini memutuskan untuk pensiun dari Formula One (F1) usai lima hari ditahbiskan sebagai juara musim 2016.

Keputusan Rosberg tersebut pun mengundang pro-kontra, dan banyak menimbulkan pertanyaan besar di kalangan pencinta F1. Berikut empat alasan utama Rosberg pensiun dari F1, seperti dirangkum The Sun:

1. Sudah Mencapai Puncak Karier

Selama dua musim berturut-turut sebelum menjadi kampiun, Rosberg harus puas finis di posisi dua klasemen akhir. Pada musim 2014, dia mengklaim lima kemenangan dan mengumpulkan 317 angka. Lalu musim 2015 performa dia meningkat dengan enam kali berdiri di podium teratas dengan 322 angka.

Dua kali hampir menjadi juara itulah yang membuat gelar F1 2016 kian manis. Mempertaruhkan nyawa dalam 38 balapan di dua musim terakhir, tapi hanya meraih medali perak adalah hal yang menyakitkan. Karena itu, kemenangan di F1 2016 terasa seperti puncak dari keberhasilan Rosberg di F1.

2. Dibayang-bayangi Penurunan Performa

Rosberg terlihat merayakan gelarnya dengan suka-cita pascabalapan di Abu Dhabi. Namun, di samping itu bayang-bayang akan penurunan performa terus menguntit. Memang, meskipun apabila selalu finis terbuncit di setiap seri musim 2017, Rosberg tetaplah menjabat status juara bertahan F1. Karena itu dia dengan percaya diri mengambil keputusan sulit untuk hengkang dari olahraga yang membesarkan namanya.

3. Keluarga

F1 dikenal sebagai salah satu cabang olahraga yang menelurkan pembalap-pembalap playboy, contohnya James Hunt atau James Hamilton. Namun, Rosberg tidak seperti itu dan menikahi Vivian Sibold pada 11 Juli 2014 usai masa pacaran yang lama.

Kini, dengan uang tabungan setumpuk dan tawaran iklan yang terus mengalir, Rosberg bisa melenggang keluar dari F1 tanpa rasa cemas, dan memantau pertumbuhan anak perempuannya dengan tenang.

4. Sulit Mengejar Michael Schumacher

Setelah meraih sebuah gelar juara F1, seorang pembalap tidak akan memiliki lagi banyak target selain mengalahkan rekor tujuh gelar yang dimiliki Michael Schumacher. Di usia 31 tahun, sulit bagi Rosberg mendekati raihan Schumi.

Belum lagi para pesaing macam Lewis Hamilton, Sebastian Vettel, Daniel Ricciardo, dan Max Verstappen sangat ambisius. Hamilton sendiri sudah mengantongi tiga gelar juara dunia.

(pds)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini