Share

Cedera yang Sering Menimpa Atlet Basket Profesional

Rafid Ahmad Fauzi, Jurnalis · Rabu 05 Oktober 2022 01:03 WIB
https: img.okezone.com content 2022 10 04 36 2680736 cedera-yang-sering-menimpa-atlet-basket-profesional-jz3znvtsAe.jpg Cedera yang paling sering menimpa atlet basket profesional (Foto: Getty Images)

CEDERA yang sering menimpa atlet basket profesional akan dibahas di sini. Salah satu di antaranya adalah cedera yang paling ngeri.

Cedera sudah menjadi hal biasa bagi atlet basket profesional. Bagaimana tidak? Mereka harus bertanding dengan seluruh tenaga agar mendapatkan kemenangan. Melakukan segala cara yang beresiko cedera pasti sudah sering mereka alami.

Basket

Meski begitu, tahukah kamu cedera apa saja yang sering menimpa atlet basket profesional? Berikut penjelasannya

Cedera yang sering menimpa atlet basket profesional

Basket merupakan olahraga yang sering melibatkan kontak fisik. Kontak fisik juga dapat mengakibatkan cedera. Hal tersebut menjadi resiko atlet basket profesional. Berikut cedera yang sering menimpa atlet basket profesional.

1. Cedera ACL

Basket

Anterior Cruciate Ligaments atau ACL merupakan cedera yang disebabkan karena peregangan berlebihan atau salah satu ligamen pada lutut robek. Cedera ini bisa terjadi akibat kontak fisik maupun tidak. Cedera ini adalah yang paling mengerikan karena memerlukan waktu lama untuk pulih. Kemudian, setelah pulih pun performa pemain berisiko mengalami penuruan.

2. Cedera Lutut

Basket

Cedera lutut bisa dibilang cukup serius dan sering dialami pemain basket profesional. Lutut yang keseleo dapat menyebabkan robekan kecil pada ligamen. Namun, cedera yang lebih serius jika terjadi robekan menyeluruh dari salah satu atau lebih ligamen pada lutut.

3. Cedera Ankle

Stephen Curry

Cedera ini cukup sering dialami pemain basket. Cedera ankle disebabkan karena adanya luka pada pergelangan kaki yang muncul akibat ikatan ligamen dan mengalami peregangan. Terjadi karena pendaratan pada kaki pemain yang tidak sempurna dan terkilir cukup keras.

4. Cedera Overuse

Lebron James

Cedera overuse disebabkan karena ketegangan yang terus menerus pada suatu bagian tubuh sehingga bagian tubuh itu rusak dan mulai terasa sakit. Rasa sakit biasanya berada di bawah tempurung lutut. Sakit pada hal tersebut karena pemain basket terlalu sering menggunakan tendon yang berada pada bahunya.

5. Cedera Traumatis

Kevin Durrant

Cedera ini disebabkan karena gerakan tiba-tiba yang sangat kuat. Cedera ini cukup umum dialami oleh pemain basket, biasanya terjadi pada jari-jari tangan. Cedera kecil terjadi pada ligamen yang menghubungkan antar tulang satu dengan yang lainnya. Kasus terparah bisa sampai patah tulang jari.

Itulah cedera yang sering menimpa atlet basket profesional. Cedera ini bisa terjadi kapan saja dan merupakan resiko jika kamu ingin menjadi atlet basket profesional. Semoga bermanfaat!

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini