Pasca Kegagalan di Olimpiade Tokyo 2020, Kento Momota Tampil Gugup di Piala Sudirman 2021

Rivan Nasri Rachman, Jurnalis · Rabu 29 September 2021 08:05 WIB
https: img.okezone.com content 2021 09 29 40 2478435 pasca-kegagalan-di-olimpiade-tokyo-2020-kento-momota-tampil-gugup-di-piala-sudirman-2021-1c5ZCHnP7i.jpg Pebulu tangkis asal Jepang, Kento Momota. (Foto: Reuters)

VANTAA Piala Sudirman 2021 menjadi ajang pertama yang diikuti pebulu tangkis andalan Jepang, Kento Momota setelah gagal total di Olimpiade Tokyo 2020. Efek dari kegagalannya di ajang Olimpiade tersebut pun tampaknya masih terbawa ke permainannya di Piala Sudirman 2021 karena Momota merasa gugup saat bermain.

Ya, Momota ngaku gugup ketika baru dimainkan tim Jepang di pertandingan kedua Grup D Piala Sudirman 2021, Selasa 28 September 2021. Jepang yang berjumpa Inggris itu membuat Momota menghadapi tunggal putra, Johnnie Torjussen di partai kedua.

Melawan pebulu tangkis peringkat 205, Momota jelas sangat diunggulkan. Namun, tak disangka Momota justru sempat kesulitan menghadapi Torjussen.

Baca Juga: Hasil Lengkap Fase Grup Piala Sudirman 2021 Hari Ketiga

Kento Momota

Terbukti di gim pertama, tungga putra peringkat satu dunia tersebut harus susah payah menang 22-20 atas Torjussen. Lalu di gim kedua perlahan untungnya Momota berhasil menemukan ritme permainannya kembali.

Berbeda dengan gim pertama, Momota tampil lebih tenang di gim kedua. Tak heran gim kedua berlangsung sangat cepat dan Momota pun menutupnya dengan skor 21-10.

Dengan kemenangan dua gim langsung, 22-20 dan 21-10 atas Torjussen, Momota membantu Jepang menang 5-0 atas Inggris di pertandingan kedua Grup D Piala Sudirman 2021. Meski menang, nyatanya Momota yang sangat diunggulkan justru mampu diimbangi oleh Torjussen di gim pertama.

Berdasarkan pernyataan Momota, permainannya sangat buruk di gim pertama saat melawan Torjussen karena ia merasa sangat gugup. Rasa gugup itulah yang mengacaukan permainan Momota sampai harus bermain deuce di gim pertama.

Momota pun merasa beruntung karena bisa tenang di poin-poin terakhir gim pertama dan akhirnya memenangkan pertarungan itu. Lalu pada gim kedua Momota merasa sudah jauh lebih tenang dan karena itulah ia bisa menghabisi Torjussen dengan cepat di gim kedua.

“Saya sangat gugup pada awalnya dan tidak dapat memainkan permainan saya sendiri seperti biasanya. Menjelang detik-detik akhir, saya bisa menenangkan diri dan menguasai permainan saya,” kata Momota, melansir dari laman resmi BWF, Rabu (29/9/2021).

Kento Momota

“Saya ingin meningkatkan diri dalam hal fokus. Saya gugup hari ini dan tidak bisa fokus pada satu titik di satu waktu yang. Namun, hal baiknya adalah pada akhirnya saya bisa menenangkan diri,” tambahnya.

Pada laga melawan Inggris, Jepang menang 5-0. Hasil itu membuat Jepang otomatis lolos ke babak perempatfinal Piala Sudirman 2021.

Kendati begitu Momota dan kawan-kawan masih harus memainkan satu pertandingan terakhir di Grup D. Jepang tepatnya akan berjumpa Malaysia pada 30 September 2021.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini