Share

Sederet Pebulu Tangkis Top Dunia yang Absen di Piala Sudirman 2021, Buka Jalan Indonesia Jadi Juara?

Ramdani Bur, Jurnalis · Jum'at 24 September 2021 10:39 WIB
https: img.okezone.com content 2021 09 24 40 2476174 sederet-pebulu-tangkis-top-dunia-yang-absen-di-piala-sudirman-2021-buka-jalan-indonesia-jadi-juara-KpAlU5rbZb.jpg Chen Long absen di Piala Sudirman 2021. (Foto: REUTERS)

SEDERET pebulu tangkis top dunia absen di Piala Sudirman 2021. Apakah ini membuka jalan Indonesia untuk menjadi juara Piala Sudirman 2021 yang digelar di Vantaa, Finlandia, pada 26 September hingga 3 Oktober 2021?

Lantas, siapa saja pebulu tangkis top yang gagal ambil bagian di ajang dua tahunan ini? Juara bertahan China kehilangan tujuh pemain sekaligus!

Chen Long

(Meski masih jadi tunggal putra terbaik, Chen Long tidak disertakan China ke Piala Sudirman 2021)

Mereka ialah ganda campuran peringkat satu dunia, Zheng Siwei/Huang Yaqiong, ganda putra Li Junhui/Liu Yuchen, tunggal putra terbaik mereka saat ini, Chen Long, Li Yinhui dan Han Cheng Kai.

Kepergian Zheng Siwei/Huang Yaqiong sangat disayangkan. Sebab, ketika Zheng Siwei/Huang Yaqiong bermain, satu angka sudah hampir pasti didapatkan China. Mereka absen karena Zheng Siwei mengalami cedera.

Taiwan yang awalnya diprediksi akan membuat kejutan di Piala Sudirman 2021, justru tak bisa diperkuat pemain-pemain andalannya. Ganda putra peraih medali emas Olimpiade Tokyo 2020, Lee Yang/Wang Chi-Lin memilih absen dari Piala Sudirman 2021.

BACA JUGA: Menakar Peluang Tim Bulu Tangkis Indonesia di Piala Sudirman 2021, Penantian Panjang yang Berujung Manis?

Sejauh ini, tidak diketahui secara pasti kenapa Lee Yang/Wang Chi-Lin memilih tidak membela sang negara di Piala Sudirman 2021. Keputusan mengejutkan juga diambil tunggal putri nomor satu dunia asal Taiwan, Tai Tzu Ying, yang juga memilih absen dari Piala Sudirman 2021.

Lanjut ke runner-up Piala Sudirman 2019, Jepang. Jepang kehilangan tiga pemain mereka di sektor ganda putra. Sebut saja Takeshi Kamura, Keigo Sonoda dan Hiroyuki Endo yang memutukan pensiun.

Hiroyuki Endo

(Endo (kanan) saat berpasangan dengan Watanabe)

Absennya Hiroyuki Endo jelas kabar baik bagi pasangan ganda putra Indonesia, Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya. Sebab, The Minions –julukan Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya– kerap kali ditumbangkan Endo saat berpasangan dengan Yuta Watanabe.

Kemudian, India tidak diperkuat dua tunggal putri andalan mereka, Saina Nehwal dan P.V Sindhu. Sementara itu, Thailand tak dapat dibela Ratchanok Intanon. Ia masih berduka karena medio bulan lalu baru saja ditinggal sang ibunda yang meninggal dunia.

Jadi, fakta di atas bakal menguntungkan Indonesia yang datang dengan kekuatan penuh? Indonesia sendiri tergabung di Grup C Piala Sudirman 2021 bersama Denmark, Rusia dan Kanada. Di laga pertama, Indonesia menghadapi Rusia pada Minggu, 26 September 2021 malam WIB.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini