Pevoli Brasil Ini Selalu Kenakan Masker saat Tanding di Olimpiade Tokyo 2020, Ini Alasannya

Fitradian Dimas Kurniawan, Jurnalis · Rabu 04 Agustus 2021 08:48 WIB
https: img.okezone.com content 2021 08 04 43 2450567 pevoli-brasil-ini-selalu-kenakan-masker-saat-tanding-di-olimpiade-tokyo-2020-ini-alasannya-WlaTqFRgPk.jpg Lucas Saatkamp saat bertanding voli. (Foto: Reuters)

TOKYO – Sosok pevoli asal Brasil, Lucas Saatkamp, menjadi sorotan kala tampil di Olimpiade Tokyo 2020. Pasalnya, Saatkamp selalu menggunakan masker saat bertanding di Olimpiade Tokyo 2020.

Di gelaran Olimpiade Tokyo 2020 yang menerapkan protokol kesehatan ketat, para atlet hanya diperkenankan melepas masker ketika memasuki lapangan untuk bertanding. Sebab, sulit bagi atlet untuk tetap berkompetisi jika tetap menggunakan masker.

Lucas Saatkamp

Mereka cenderung tidak bisa bernapas sebebas mungkin, saat tampil sekuat tenaga di arena. Hanya saja, salah satu atlet Timnas Voli Brasil, Saatkamp, malah tetap menggunakan masker ketika bertanding.

BACA JUGA: Jelang Final Spanyol vs Brasil di Final Sepakbola Olimpiade Tokyo 2020, Dani Alves di Ambang Pertajam Rekor

Tentu saja, langkahnya itu mengundang tanda tanya dari publik. Sejumlah pihak pun menganggapnya berusaha memberi contoh kepada publik.

BACA JUGA: Waduh! Atlet Australia di Olimpiade Tokyo 2020 Rusak Kamar di Desa Atlet hingga Ribut di Pesawat

Lucao -panggilan akrab Saatkamp- pun membeberkan alasan untuk selalu memakai masker. Dia mengaku menggunakan masker saat berlaga demi melindungi dirinya dan keluarganya.

Lucao hanya tidak mau menulari istri dan kedua anaknya. Terlebih, putranya yang masih berusia 5 tahun diketahui mengidap penyakit pernapasan. Selain itu, Lucao juga positif Covid-19 pada Januari 2021.

“Saya tidak mau menjadi panutan hanya karena menggunakan masker. Tujuan utama saya adalah melindungi diri dan keluarga saya, bukan menjadi model panutan,” kata Lucao dikutip AP, Rabu (4/8/2021).

Lucas Saatkamp

Pemain berusia 35 tahun itu mengaku tak menemui masalah berarti dengan memakai masker. Apalagi, dia menganggap voli memiliki beberapa jeda sebelum kembali bermain di lapangan.

“Bagi saya hal ini bukan masalah. Bola voli berbeda dari olahraga lainnya. Kami memiliki lebih banyak jeda untuk bernapas. Tidak seperti lari atau sepakbola. Bagi saya, hal ini tidak mengganggu,” ujarnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini