Klasemen Sementara Perolehan Medali Olimpiade Tokyo 2020, Minggu 1 Agustus Pukul 18.00 WIB: Indonesia Turun ke Posisi 56

Cikal Bintang, Jurnalis · Minggu 01 Agustus 2021 18:26 WIB
https: img.okezone.com content 2021 08 01 43 2449247 klasemen-sementara-perolehan-medali-olimpiade-tokyo-2020-minggu-1-agustus-pukul-18-00-wib-indonesia-turun-ke-posisi-56-Dh6Lhf0xnZ.jpg Anthony Sinisuka Ginting kalah di semifinal Olimpiade Tokyo 2020 (Foto: Reuters)

TOKYO - Klasemen sementara perolehan medali Olimpiade Tokyo 2020 terus berubah pada hari ini, Minggu (1/8/2021), hingga pukul 18.00 WIB. Indonesia kini menempati posisi ke-56 setelah sempat berada di posisi ke-54 pada siang tadi.

Sementara itu, posisi pertama masih ditempati oleh China dengan total perolehan 50 medali. Hingga sore ini, China menambah tiga medali.

Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan (Foto: Reuters)

Sebanyak tiga medali tambahan China datang dari cabang olahraga (cabor) artistic gymnastic dan bola basket 3x3. Dalam dua cabor tersebut, Negeri Tirai Bambu memperoleh dua medali perunggu dan satu medali perak.

Ketimbang China yang kukuh di atas, Indonesia kembali merosot ke posisi 56 karena belum ada atlet lagi yang bisa menyumbang medali. Per siang tadi, Indonesia sempat berada pada posisi ke-54. Akan tetapi, Tim Garuda digeser oleh Republik Dominika (54) dan Ukraina (55).

BACA JUGA: Disambut Bak Pahlawan, Kontingen Tim Indonesia Kloter Kedua Tiba di Tanah Air

Sebagaimana diketahui, dari cabor bulutangkis, Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan  gagal dalam perebutan medali perunggu. Akan tetapi, asa Indonesia dalam menambah pundi-pundi medali masih terbuka lebar melalui cabor bulu tangkis.

Adalah ganda putri, Greysia Polii/Apriyani Rahayu yang berkesempatan menyumbangkan medali emas atau perak setelah berhasil melaju ke partai pamungkas. Selain itu, dari sektor tunggal putra, Anthony Sinisuka Ginting juga masih punya peluang sumbangkan medali perunggu.

Secara keseluruhan, Indonesia mengoleksi tiga medali yang terdiri atas dua perunggu dan satu perak. Di Asia Tenggara, Tim Garuda tertinggal dari Thailand dan Filipina yang masing-masing mempunyai satu medali emas

Di sisi lain, perolehan medali China jika diuraikan terdiri dari 23 medali emas, 14 medali perak dan 13 medali perunggu. Negeri Tirai Bambu disusul oleh Amerika Serikat yang berada di posisi kedua dan Jepang yang berada di posisi ketiga.

Anthony Sinisuka Ginting  (Foto: Reuters)

Amerika Serikat sendiri telah mendulang 20 medali emas, 21 medali perak dan 15 medali perunggu. Lalu, Jepang memiliki 17 medali emas, lima medali perak dan sembilan medali perunggu. Secara berurutan, ketiga negara tersebut disusul oleh Australia, Russia (ROC), Inggris, Korea Selatan, Prancis, Belanda dan Jerman.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini