PBSI Terus Berupaya agar Tim Indonesia Tetap Tampil di All England 2021

Djanti Virantika, Jurnalis · Kamis 18 Maret 2021 12:50 WIB
https: img.okezone.com content 2021 03 18 40 2379842 pbsi-terus-berupaya-agar-tim-indonesia-tetap-tampil-di-all-england-2021-gNH2EZ6OlW.jpg Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo. (Foto: PBSI)

JAKARTA – Ketua Umum (Ketum) PBSI, Agung Firman Sampurna, memastikan pihaknya kini terus berupaya agar Tim Indonesia bisa tetap tampil di All England 2021. Karena itu, komunikasi yang intensif terus dilakukan dengan pihak Kementerian Luar Negeri (Kemenlu) dan Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) RI.

Sebagaimana diketahui, kabar mengejutkan datang dari tim bulu tangkis Indonesia yang tengah berlaga di ajang All England 2021. Mereka diminta melakukan isolasi mandiri selama 10 hari karena dinyatakan sempat berada satu pesawat dengan orang yang positif terpapar virus Covid-19.

Praveen Jordan/Melati Daeva Oktavianti

Perintah ini datang dari Layanan Kesehatan Masyarakat Britania Raya (NHS). Peristiwa itu terjadi dalam pemberangkatan Tim Indonesia dari Istanbul, Turki, menuju ke Birmingham, Inggris. Di pesawat itu dikabarkan ada orang yang terkena virus Covid-19.

Karena masalah kesehatan itulah, Tim Indonesia akhirnya dipaksa mundur dari ajang All England 2021 untuk segera melakukan isolasi mandiri. Keputusan diumumkan di tengah-tengah penyelenggaraan babak pertama All England 2021.

BACA JUGA: Tim Indonesia Diusir dari All England 2021, Menpora Sayangkan Sikap BWF

Alhasil, baru ada tiga pemain Indonesia yang tampil saat itu. Mereka ialah Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamujo, Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan, dan Jonatan Christie. Kemenangan pun diraih wakil Indonesia kala itu, termasuk Marcus/Kevin dan Ahsan/Hendra yang mengalahkan wakil Inggris.

Terkait masalah ini, Agung tentu saja merasa sangat kecewa. Sebab, kondisi ini telah menjegal langkah Tim Indonesia mengukir prestasi manis di All England 2021. Agung sendiri merasa seluruh atlet, pelatih, dan tim ofisial Indonesia di All England 2021 sendiri berada dalam kondisi yang sangat siap dan sehat.

Karena itu, Agung pun terus berupaya agar Jonatan Christie dan kawan-kawan masih memiliki harapan untuk bisa tetap bertanding di All England 2021. Upaya itu dilakukan dengan terus berkomunikasi dengan pihak-pihak terkait, seperti Kemenlu dan Kemenpora RI.

"Kami menyampaikan kekecewaan yang besar. Pada saat yang sama kami juga paham, ini karena potensi kemampuan tim bulu tangkis Indonesia yang ada kondisi dalam terbaiknya pada saat ini," ujar Agung dalam konferensi pers, Kamis (18/3/2021).

Agung Firman Sampurna

“Saya sudah komunikasi dengan Kemenlu dan saya mohon bantuan agar Kemenlu memfasilitasi supaya tetap bisa bertanding karena tidak ada alasan sebenarnya bgai kita untuk tidak bertanding,” lanjutnya.

“Kita sehat dan sudah divaksin. Sebenarnya kita juga tidak tahu siapa (penumpang yang positif terpapar Covid-19),” tukas Agung.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini