Gegara Pandemi Covid-19, Tiga Agenda Akhir Tahun PBSI Masih Belum Jelas

Admiraldy Eka Saputra, Jurnalis · Minggu 27 September 2020 22:30 WIB
https: img.okezone.com content 2020 09 27 40 2284600 gegara-pandemi-covid-19-tiga-agenda-akhir-tahun-pbsi-masih-belum-jelas-TgiPyMxbzz.jpg Sekjen PP PBSI, Achmad Budiharto (Foto:PBSI)

JAKARTA – Pandemi Covid-19 cukup berdampak pada keberlangsungan beberapa agenda yang telah ditetapkan PBSI. Setidaknya, pada akhir tahun PBSI memiliki tiga agenda rutin yakni Kejuaraan Nasional, Musyawarah Nasional/Musyawarah Kerja Nasional dan Promosi & Degradasi atlet.

Selain itu, akhir tahun ini juga seharusnya akan diselenggaranan Musyawarah Nasional PBSI untuk memilih pemimpin baru menyusul masa kepengurusan Ketua Umum Wiranto yang akan berakhir pada 2020 ini.

Baca juga: PBSI Lega Piala Thomas dan Uber 2020 Diundur hingga Tahun Depan

"KONI sudah mengirim surat untuk mengingatkan PBSI mengenai periode kepengurusan yang selesai akhir tahun ini. Tapi waktu itu wabah Covid-19 belum berkembang,” ujar Sekjen PBSI, Achmad Budiharto, dilansir dari laman resmi PBSI, Minggu (27/9/2020).

“Setelah ada pandemi dan melihat situasi, ketua umum meminta izin perpanjangan paling lama selama enam bulan, dan sampai sekarang kami belum mendapat jawaban dari KONI," lanjutnya.

Tidak hanya itu, batalnya sebagian besar turnamen di tahun ini membuat PBSI juga kesulitan menentukan kriteria promosi dan degradasi. Salah satu penilaian penampilan atlet adalah capaian mereka di turnamen-turnamen yang mereka ikuti. Tanpa turnamen, PBSI tidak punya dasar yang kuat untuk merumuskan penilaian.

Baca juga: Indonesia Resmi Mundur dari Piala Thomas dan Uber 2020

“Situasi saat ini masih tidak menentu, jadi semua saling menunggu, belum ada keputusan mengenai promosi dan degradasi. Kalau menurut AD/ART seharusnya ada promosi dan degradasi di setiap akhir tahun, tapi kami sulit menentukan dasarnya karena atlet tidak mengikuti turnamen," lanjut Budiharto.

"Pertama, kami harus lihat dulu jadwal dari BWF seperti apa, dari situ bisa ditentukan strategi untuk menentukan target-target yang utama,” tandasnya.

(mrh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini