Share

Taekwondo ITF Siap Kembali Kembangkan Sayap di Jateng & DIY

Taufik Budi, Jurnalis · Minggu 04 Agustus 2019 20:31 WIB
https: img.okezone.com content 2019 08 04 43 2087604 taekwondo-itf-siap-kembali-kembangkan-sayap-di-jateng-diy-KLiEwYlj6B.jpg (Foto: Taufik Budi/OKEZONE)

SEMARANG - Seni bela diri Taekwondo ITF (International Taekwondo Federation) siap kembali mengembangkan sayap ke Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta. Beragam kalangan mulai menunjukkan ketertarikan pada olahraga ini, termasuk generasi millenial dan pelajar.

Sekretaris Jenderal Indonesia ITF, Chandra Lesmana, mengatakan, pihaknya terus melakukan pengembangan ke daerah-daerah. Respons masyarakat cukup baik, karena Taekwondo ITF bukan aliran baru dan sudah dikenal oleh sebagian warga dan Jawa Tengah - DIY pada waktu lalu memiliki pamor yang luar biasa di tingkat nasional.

"Hari ini kita laksanakan seminar untuk penyeragaman teknik bagi teman-teman yang sudah join dan memang tertarik untuk mengembangkan Taekwondo aliran ITF," kata Chandra di sela menjadi instruktur pada "ITF National Technical Seminar 2019" di Mountainleaf Graha Estetika Semarang, Minggu (4/11/2019).

Taekwondo One

Sementara itu, Penasihat Indonesia ITF di bidang pengembangan organisasi, Yoyok Suryadi, melihat ITF memiliki arah dan tujuan yang jelas. Ia meilhat organisasi ini dapat membantu mengembangkan karakter yang kuat dan memberikan kesempatan bagi kaum muda untuk berprestasi.

"Indonesia ITF dipimpin oleh Pak Rudi Tanoesoedibjo sebagai ketua umum ini adalah organisasi ITF yg mempunyai arah pengembangan menuju Olimpiade dan bekerja sama dengan World Taekwondo (WT) selama ini untuk bersama-sama mempunyai tujuan bersama yaitu ONE TAEKWONDO," kata Yoyok.

"Latar belakang kenapa Taekwondo ITF ini yang mana didirikan oleh Jenderal Choi Hong Hi dan sekarang di pimpin oleh Prof. RI YONG SON ini mempunyai arah tujuan pengembangan yang sangat jelas, yaitu mengembangkan fisik, mental yang kuat dan terampil serta tetap mengedepankan pembentukan pengembangan karakter yang kuat dan memberikan kesempatan berprestasi bagi anggotanya terutama remaja dan kaum muda, menjunjung tinggi nama bangsa melalui jalur kompetisi ke Olimpiade di masa mendatang " tambahnya.

Baca Juga: Perkuat Sinergi, PBTI Kunjungi Badan Dunia Taekwondo Kukkiwon

Untuk mengembangkan Taekwondo ITF ini, kini tengah disiapkan kelas-kelas yang akan menjadi tempat belajar bagi siswa baru selain kelas umum bagi dewasa dan anak anak. Sekaligus, sebagai tempat pembinaan bagi calon atlet yang akan mengikuti kompetisi hingga tingkat internasional.

"Tahun ini kami telah membuka 3 provinsi baru. Sebelumnya ada tiga dari Sumatera, DKI Jakarta, dan Banten. Sekarang berkembang ke arah Jawa Tengah, Jogja, dan Jawa Timur. Seminar ini merekrut kembali teman-teman yang terutama dulu pernah di Taekwondo ITF dan juga yang tertarik dengan perkembangan baru Taekwondo ITF sekarang dan menunjukkan ketertarikan untuk mengembangkannya, karena memang ada hal yang berbeda dalam teknik dan latihannya dengan Taekwondo yang selama ini dikenal dan berkembang," kata Chandra.

"Untuk pengembangan kita siapkan beberapa instruktur dan calon instruktur yang akan mengembangkan Taekwondo ITF dengan membuka tempat-tempat sebagai sarana berlatih bagi orang yang akan dan sudah tertarik dengan Taekwondo ITF," imbuhnya lagi.

Taekwondo One

Menurutnya, tak ada syarat khusus untuk mempelajari Taekwondo ITF. Olahraga bela diri ini juga ramah untuk diikuti anak-anak hingga lanjut usia. Terdapat porsi latihan berbeda yang disesuaikan dengan kondisi dan usia peserta.

"Taekwondo kita ini cukup menarik untuk diikuti karena banyak hal yg sangat bermanfaat dengan model pelatihan Taekwondo ITF yg masih menekankan unsur seni beladiri dan nilai serta gayanya yang masih kental unsur tradisonalnya, walaupun telah dikembangkan secara modern dan profesional," ucapnya.

Baca Juga: Sambutan Perdana Ketua Umum PBTI yang Baru

"Jadi Taekwondo ITF ini juga sangat tepat untuk bisa masuk ke sekolah-sekolah karena mengedepankan pengajaran tentang sikap disiplin yang kuat," tandasnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini