nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Indonesia Pertahankan Piala Thomas 1961 di Istora Senayan

Bagas Abdiel, Jurnalis · Rabu 18 Januari 2017 18:10 WIB
https: img.okeinfo.net content 2017 01 18 40 1594687 indonesia-pertahankan-piala-thomas-1961-di-istora-senayan-W1tVIjYzd4.jpg Piala Thomas (Foto: BWF)

INDONESIA mempertahankan gelar Piala Thomas pada 1961 usai mengalahkan Thailand di babak Challenge Round dengan skor 6-3. Secara mengejutkan, Thailand tampil di final Piala Thomas 1961 setelah mewakili zona Asia mengalahkan tiga kali juara Piala Thomas, Malaysia.

Digelar di lokasi yang sama yakni Istora Senayan, akan menjadi tugas berat bagi Thailand. Indonesia ditantang Thailand yang melaju ke Challenge Round usai menundukkan Australia di babak pertama (9-0) dan Denmark (7-2) di babak final.

Memiliki format yang sama dengan dua tahun sebelumnya, Indonesia kembali menurunkan pemain-pemain yang sama. Dua tunggal andalannya yakni Tan Joe Hock, Ferry Sonneville dan Eddy Yusuf serta dua pasangan ganda putra Tan Joe/Lie Po Djian juga Tan King Gwan/Njoo Kiem Bee.

Kondisi berbeda dari 1951, ketika kali ini wasit dan hakim garis netral. Tidak seperti pada dua tahun sebelumnya, d imana wasit datang dari tim Malaysia. Padahal saat itu final mempertemukan Indonesia dan Malaysia.

Kemenangan Indonesia diraih sama seperti saat merebut Piala Thomas di Singapura. Indonesia menyapu bersih semua lima pertadingan tunggal yang dimotori Tan Joe dan Ferry. Keduanya berhasil mengalahkan Channarong Ratanaseangsuang dan Somsook Boonyasukhanonda. Sementara Eddy menaklukkan Narong Bhornchima.

Pada hari pertama, Indonesia-Thailand bermain imbang 2-2 lewat dua kemenangan di nomor tunggal dan dua kekalahan di nomor ganda. Sementara di hari kedua Indonesia memenangkan tiga pertandingan pertama yang memainkan nomor tunggal. Eddy membuka keunggulan 3-2 bagi Indonesia dan dilanjutkan dengan kemenangan Tan Joe dan Ferry.

Ferry kembali menjadi bintang setelah menjadi pemain penentu di partai ketujuh dan memastikan keunggulan Indonesia 5-2 atas Thailand. Pada pertadingan selanjutnya yang tak menentukan, Indonesia mencuri satu poin di nomor ganda putra Tan Joe/Lie. Sementara satu poin harus hilang setelah pasangan dadakan Tan King/Ferry diturunkan pasca Njoo mengalami cedera pada pertandingan pertama. Skor akhir pun 6-3 untuk kemenangan Indonesia.

(fmh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini