nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Tiga Gugur, Tunggal Putra Sisakan Taufik & Alamsyah

Achmad Firdaus, Jurnalis · Jum'at 23 Desember 2011 10:46 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2011 12 23 40 546266 SGW9kH6kcT.jpg Foto: Dok.Okezone

NEW DELHI - Sejumlah wakil Indonesia berguguran memasuki babak ketiga ajang India Open Grand Prix Gold 2011. Tercatat, dari lima pemain yang turun, tiga tunggal putra harus angkat koper.

Simon Santoso yang jadi andalan utama Indonesia sekaligus unggulan pertama di kejuaraan ini harus tersingkir lantaran mengundurkan diri saat berhadapan dengan Misbun Ramdan Mohmed Misbun asal Malaysia, Kamis (22/12/2011) kemarin. Simon memutuskan tidak datang ke arena pertandingan karena kelelahan usai bermain di ajang Super Series di China, pekan lalu.

Hasil kurang baik juga dicatatkan dua unggulan lainnya, yakni Dyonisius Hayom Rumbaka dan Tommy Sugiarto. Hayom yang menempati unggulan enam di luar dugaan dikalahkan pemain non unggulan asal Suppanyu Avihingsanon, lewat pertarungan ketat tiga game, 21-12 15-21 21-17.

Unggulan keempat, Tommy Sugiarto juga tampil kurang greget. Sama seperti Hayom, putra dari petenis legendaris Icuk Sugiarto ini juga harus menyerah di tangan pemain non unggulan tuan rumah, Sourabh Varma. Tommy kalah straight game, 21-17, 21-17.

Beruntung, Indonesia masih bisa menyelamatkan muka setelah dua wakil lainnya Taufik Hidayat dan Alamsyah Yunus sukses melewati hadangan lawan-lawannya dan menembus babak perempatfinal. Taufik sukses menjinakkan pemain tuan rumah, Gurusaidutt R. M. V dengan 21-13, 21-19. Sementara Alamsyah berhasil mengalahkan Zulfadli Zulkiffli asal Malaysia (21-18 21-15).

Namun nahasnya, Indonesia dipastikan hanya bisa mengirim satu wakilnya ke babak semifinal. Pasalnya, Taufik dan Alamsyah harus saling bunuh di babak perempatfinal, hari ini.

Sementara dari nomor ganda campuran, Indonesia sukses meloloskan dua wakilnya ke babak perempatfinal. Mereka adalah pasangan Fran Kurniawan/Shendy Puspa Irawati dan Muhammad Rijal/Debby Susanto. Di babak delapan besar nanti, Fran/Shendy bakal berhadapan dengan unggulan tiga asal Malaysia, Peng Soon Chan/Liu Ying Goh. Sedangkan Rijal/Debby menghadapi ganda campuran Thailand, Maneepong Jongjit/Savitree Amitapai.

Di nomor tunggal putri, Indonesia juga masih punya dua wakil yakni Belaetrix Manuputi dan Desi Hera. Di babak perempatfinal, Belaetrix akan berhadapan dengan Tsz Ka Chan (Hong Kong), sementara Desi akan menantang unggulan empat asal Jepang, Eriko Hirose.

Indonesia juga masih punya dua wakilnya di nomor ganda putra dan putri. Ricky Karanda Suwardi/Muhammad Ulinnuha dan Andrei Adistia/Christopher Rusdianto yang sukses menembus perempatfinal. Di ganda putri, Della Destiara Haris/Andini Suci Rizky dan unggulan kedua, Vita Marissa/Nadya Melati masih memberikan harapan bagi Indonesia memetik prestasi.

(acf)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini