Share

5 Negara Calon Kuat Juara Piala Thomas 2022, Nomor 1 Tempati Peringkat Teratas Dunia!

Ramdani Bur, Jurnalis · Kamis 21 April 2022 15:50 WIB
https: img.okezone.com content 2022 04 21 40 2582957 5-negara-calon-kuat-juara-piala-thomas-2022-nomor-1-tempati-peringkat-teratas-dunia-nxEFoYHsWP.jpg Berikut 5 negara calon kuat juara Piala Thomas 2022. (Foto: Twitter/@INABadminton)

SEBANYAK 5 negara calon kuat juara Piala Thomas 2022 akan dibahas dalam artikel ini. Piala Thomas 2022 akan digelar di Thailand pada 8-15 Mei 2022. Sebanyak 16 negara sudah dibagi ke dalam empat grup, yang mana masing-masing grupnya berisikan empat tim.

Nantinya, tim yang finis di dua posisi teratas bakal lolos ke perempatfinal Piala Thomas 2022. Lantas, siapa saja 5 negara calon kuat juara Piala Thomas 2022?

Berikut 5 negara calon kuat juara Piala Thomas 2022:

5. China

Liu Cheng

(Liu Cheng (kiri), berpotensi kembali masuk tim Piala Thomas China)

Sulit mencoret China dari daftar juara. Di Piala Thomas 2020 saja, mereka finis sebagai runner-up meski hanya menurunkan skuad kedua. Bukan tak mungkin di Piala Thomas 2022, sederet pemain muda kembali mereka turunkan.

Namun, bedanya pemain-pemain muda itu telah mendapatkan pengalaman bermain yang lebih banyak ketimbang tahun lalu. Salah satunya adalah Weng Hong-yang. Pebulu tangkis 22 tahun ini merupakan kampiun Korea Open 2022 setelah di final mengalahkan wakil Indonesia, Jonatan Christie.

4. Taiwan

Chou Tien Chen

(Chou Tien Chen peraih medali perak Asian Games 2018)

Taiwan memiliki tunggal putra kuat atas nama Chou Tien-chen. Sementara di nomor ganda putra, mereka memiliki peraih medali emas Olimpiade Tokyo 2020, Lee Yang/Wang Chi-lin.

Tunggal putra dan ganda putra kedua mereka juga tak kalah hebatnya. Chou Tien-chen dilapisi Wang Tzu-wei. Sementara di nomor ganda putra ada Lu Ching-yao/Yang Po-han yang sempat mengalahkan Mohammad Ahsan/Daniel Marthin di fase grup Piala Thomas 2020.

3. Jepang

Takuro Hoki dan Yugo Kobayashi

(Takuro Hoki/Yugo Kobayasi juara dunia ganda putra 2021)

Di Piala Thomas 2020, Jepang sempat goyah karena beberapa minggu sebelum turnamen digelar ditinggal tiga pemain ganda putra andalan mereka yang tiba-tiba memutuskan pensiun. Sebut saja Hiroyuki Endo, Takeshi Kamura dan Keigo Sonoda. Saat itu, Takuro Hoki/Yugo Kobayashi promosi sebagai ganda putra utama belum bisa terlalu diandalkan.

Namun, kelar Piala Thomas 2020, performa Hoki/Kobayashi meroket. Mereka tercatat menjadi kampiun Indonesia Open 2021 hingga juara dunia 2021! Selain di nomor ganda putra, Jepang memiliki salah satu tunggal putra terkuat di dunia, Kento Momota.

2. Denmark

Viktor Axelsen

(Viktor Axelsen, tunggal putra andalan Denmark)

Denmark masih jadi calon terkuat juara Piala Thomas 2022. Sebab, mereka memiliki empat tunggal putra yang luar biasa, yakni Viktor Axelsen, Anders Antonsen, Hans-Kristian Vittinghus dan Rasmus Gemke.

Di ganda putra Denmark juga memiliki pasangan andalan atas nama Kim Astrup/Anders Skaarup Rasmussen. Indonesia menjadi tim yang menyingkirkan Denmark di semifinal Piala Thomas 2020 dengan skor 3-1. Jadi, sanggupkah Denmark membalaskan dendam mereka di edisi kali ini?

1. Indonesia

Piala Thomas 2020

(Indonesia saat juara Piala Thomas 2020)

Indonesia berstatus sebagai tim dengan peringkat tertinggi, yakni satu dunia. Tim Bulu Tangkis Indonesia juga datang ke Piala Thomas 2022 dengan kepercayaan diri tinggi, mengingat mereka tiba dengan status juara bertahan.

Meski tak diperkuat Marcus Gideon yang cedera, Indonesia masih memiliki segudang pemain berbakat. Seiring absennya Marcus Gideon, menarik menilik siapa pasangan Kevin Sanjaya di Piala Thomas 2022.

Menurut pelatih ganda putra Indonesia, Herry IP, salah satu dari Muhammad Rian Ardianto, Bagas Maulana dan Mohammad Ahsan bakal menjadi tandem Kevin Sanjaya. Satu hal yang pasti, Indonesia memiliki kekuatan di sektor ganda putra.

Sekarang tinggal bagaimana di sektor tunggal putra juga sanggup unjuk gigi. Di sana terdapat nama-nama seperti Anthony Ginting, Jonatann Christie dan Shesar Hiren Rhustavito. Jadi, sanggup pertahankan gelar, Indonesia?

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini