Gagal di Piala Sudirman 2021, Tim Bulu Tangkis Indonesia Jalani Pemulihan Psikologis

Quadiliba Al-Farabi, Jurnalis · Senin 04 Oktober 2021 03:01 WIB
https: img.okezone.com content 2021 10 03 40 2480719 gagal-di-piala-sudirman-2021-tim-bulu-tangkis-indonesia-jalani-pemulihan-psikologis-CFq2Kl9HoM.jpg Kegagalan di Piala Sudirman 2021 berdampak pada psikologis Tim Bulu Tangkis Indonesia (Foto: PBSI)

VANTAA - Tim Bulu Tangkis Indonesia secara mengejutkan gugur di perempatfinal Piala Sudirman 2021. Merah-Putih gugur usai kalah 2-3 dari Malaysia. Kekalahan ini membuat Greysia Polii dkk harus menjalani pemulihan dari segi psikologis.

Hasil negatif itu berpengaruh pada mental para pebulu tangkis Indonesia. Oleh sebab itu, tim psikolog hadir untuk mendukung dan berupaya mendongkrak kembali semangat, motivasi, dan daya juang mereka.

Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo (Foto: Badminton Photo)

Menurut Psikolog Tim Bulu Tangkis Indonesia, Endro Wibowo, kondisi Hendra Setiawan dkk saat ini sedang dalam pemulihan. Hal ini diperlukan lantaran mereka kembali akan menjalani kompetisi yang tak kalah bergengsi, yakni Piala Thomas dan Uber 2020 pada 9-17 Oktober 2021 kelak.

"Kondisi tim saat ini memang sedang dalam pemulihan dengan mengevaluasi kegagalan yang kemarin terjadi di Piala Sudirman. Ini agar tim lebih matang dan lebih siap lagi pada ajang perebutan Thomas dan Uber Cup pekan depan," ucap Endro, dikutip rilis pers yang diterima MPI, Senin (4/10/2021).

BACA JUGA: Hasil Final Piala Sudirman 2021: Tekuk Jepang 3-1, China Juara

Adapun bentuk dari pemulihan itu adalah berupaya meningkatkan rasa kepercayaan diri. Dalam kondisi kecewa, bisa saja mereka merasa dirinya tidak pantas berada di Tim Bulu Tangkis Indonesia. Oleh karena itu, mereka harus mendapat afirmasi positif dari Psikolog.

"Kami akan mengembalikan kepercayaan diri para pemain. Karena, pada dasarnya, mereka adalah pemain hebat dan andalan Indonesia," sebut Endro.

"Dengan mengajak bicara bersama pemain, ini untuk menilai kelebihan dirinya apa dan mengapa ia merasa pantas ada di tim ini sehingga kepercayaan dirinya muncul kembali," jelas Endro.

Anthony Sinisuka Ginting (Foto: Reuters)

Selain itu, Endro mengungkapkan ada kehilangan fokus disebabkan oleh kelelahan sepanjang pertandingan berlangsung. Ia pun berusaha untuk memperbaiki hal itu agar kejadian serupa tidak terulang lagi.

"Selain itu, pemain harus meningkatkan fokus saat di lapangan. Mengingatkan pemain untuk terus untuk fokus poin demi poin, tidak boleh merasa sudah unggul bila sudah jauh memimpin. Tetap fokus sampai selesai pertandingan," tambahnya.

Sementara itu, Piala Sudirman 2021 telah berakhir. China keluar sebagai juara untuk ke-12 kalinya usai mengalahkan Jepang 3-1 di final.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini