Papua dan Jawa Barat Lolos ke Semifinal Futsal PON XX Papua

MNC Media, Jurnalis · Selasa 28 September 2021 14:20 WIB
https: img.okezone.com content 2021 09 28 43 2478073 papua-dan-jawa-barat-lolos-ke-semifinal-futsal-pon-xx-papua-4eDgquB2qI.jpg Jawa Barat dan Papua lolos ke semifinal Futsal XX PON Papua 2021. (Foto: MNC Media)

TIM futsal tuan rumah Papua dan juara bertahan Jawa Barat lolos ke Semifinal cabang olahraga futsal PON XX Papua, setelah masing-masing meraih kemenangan ketiga pada Senin (27/9/2021).

Papua menang meyakinkan 6-3 atas Kepulauan Riau, sedangkan Jawa Barat meredam permainan keras yang diperlihatkan Sulawesi Selatan dengan skor 3-1.

Futsal PON XX Papua 2021

Peraturan pelaksanaan PON XX Papua untuk cabor futsal pada pasal 19 menerangkan, apabila terdapat dua tim yang meraih poin sama di akhir klasemen maka yang dihitung lebih dahulu adalah head-to-head di antara keduanya setelah itu baru selisih gol.

Maka dengan hasil ini, Papua dipastikan lolos ke semifinal, karena tim yang menguntit di bawahnya Nusa Tenggara Barat dan Sumatera Utara sudah kalah head-to-head dengan Papua, meskipun keduanya mampu meraih poin maksimal sembilan di akhir klasemen.

Praktis hanya Kalimantan Barat yang bisa meraih puncak klasemen apabila di dua pertandingan terakhir mampu mengalahkan Nusa Tenggara Barat dan Papua.

BACA JUGA: Hasil Sepatu Roda PON XX Papua 2021: DKI Jakarta Kawinkan Medali Emas

Di grup B, Jawa Barat sudah dipastikan menjuarai group pasca-kemenangan atas Sulawesi Selatan 3–1, meskipun masih menyisakan 1 pertandingan melawan Jawa Timur di matchday terakhir. Karena tim terdekat yang menguntitnya saat ini yaitu Sulawesi Selatan hanya mampu meraih maksimal 7 poin di akhir Klasemen. Sedangaan Jawa Timur yang juga masih punya kans untuk lolos ke semifinal juga hanya mampu meraih maksimal 8 poin di akhir Klasemen.

Sukses tiga kemenangan yang diraih Jawa Barat tentunya juga diamini oleh pelatih Kepala Panca Pauji. Ia menilai kunci sukses tim-nya di partai penting melawan Sulawesi Selatan adalah kesabaran dan disiplin anak asuhnya untuk fokus membaca dan memanfaatkan celah.

“Tidak kalah sabar dan disiplin meredam permainan cepat Sulsel adalah kunci kemenangan kami malam ini” , ujar pelatih yang juga mengantongi lisensi AFC Futsal Level 2 ini.

Pada matchday ketiga sudah terlihat tim yang berpeluang mendampingi Papua dan Jawa Barat ke semi final. Di Group A, Kalimantan Barat, Nusa Tenggara Barat dan Sumatera Utara masih punya kans untuk lolos, karena ketiganya masih mempunyai sisa 2 pertandingan dan ketiganya juga memiliki poin yang sama saat ini yaitu 3 poin.

Sedangkan di grup B, ke empat tim di bawah Jawa Barat yaitu Sulawesi Selatan, Jawa Timur, Banten, dan Maluku Utara masih punya kesempatan lolos ke semi final karena poin keempatnya masih bisa saling mendahului di 2 match day tersisa.

Berikut Klasemen Sementara Cabor Futsal PON XX Papua Senin, 27 September 2021 :

Grup A :

1. Papua 9

2. Nusa Tenggara Barat 3

3. Sumatera Utara 3

4. Kalimantan Barat 3

5. Kepulauan Riau 0

Grup B :

1. Jawa Barat 9

2. Sulawesi Selatan 4

3. Jawa Timur 2

4. Banten 1

5. Maluku Utara

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini