Esport Jadi Cabang Olahraga yang Dipertandingkan di PON XX Papua 2021

Andika Rachmansyah, Jurnalis · Kamis 19 Agustus 2021 02:00 WIB
https: img.okezone.com content 2021 08 18 43 2457541 esport-jadi-cabang-olaharaga-di-pon-xx-papua-2021-il4OldkUe6.jpg Logo PON Papua XX 2021. (Foto/PON XX Papua 2021)

JAKARTA PON XX Papua 2021 mencatatkan sejarah untuk esport. Pasalnya, esport untuk pertama kalinya dipertandingkan di ajang empat tahunan tersebut.

Pengurus Besar Esports Indonesia (PBESI) melakukan konferensi pers virtual mengenai eksibisi esports pada ajang PON XX Papua 2021 pada Rabu (18/8/2021) sore WIB. Dalam acara tersebut, Sekretariat Jenderal (Sekjen) PBESI, Frengky Ong menjelaskan mengenai eksibisi esports yang akan digelar di pesta olahraga terbesar se-Indonesia tersebut.

Foto/Ist

Gelaran PON XX Papua 2021 dipastikan berbeda dari yang sebelumnya. Pasalnya, di PON Papua ini, untuk pertama kalinya esports dipertandingkan sebagai salah satu cabang olahraga eksibisi.

“Esports menjadi salah satu cabang olahraga dari 10 cabang yang akan mengikuti eksibisi PON XX di Papua. Pada eksibisi tersebut akan dipertandingkan tiga nomor pertandingan dengan genre gim battle royal, moba, dan sepak bola,” ucap Frengky dalam konferensi pers virtual, Rabu (18/8/2021).

Baca juga: PON XX Papua 2021, Boaz Solossa: Tunjukkan Kita Tuan Rumah yang Baik

“Nomor pertandingan battle royal dan moba akan dilakakukan dengan beregu atau tim pada platform moba. Sementara untuk sepak bola dilakukan secara perorangan maupun ganda pada platform konsol,” lanjutnya.

“Pada kesempatan ini, saya sampaikan bahwa PBESI terlah memilki platform komunitas esports resmi sebagai sarana pendataan pemain,atlet, klub, akademi, hingga kompetisi. Platform tersebut dapat diakses pada laman Garudaku.com,” sambugnya.

Di sisi lain, Gloria Famiela selaku ketua pelaksana eksibisi PON XX Papua 2021, menjelaskan bahwa ada empat gim yang akan dipertandingkan. Yaitu Free Fire, Mobile Legends, E-football PES, dan Lokapala. Gloria juga menambahkan mengenai sistem yang akan digunakan.

“Hari ini sudah dibuka pendaftaran untuk tiga gim yakni, Free Fire, E- football PES dan mobile legends. Sedangkan untuk Lokapala mash dalam pembahasan teknis dari pihak developer. Untuk eksibisi esport PON XX di Papua, akan ada tiga fase. Yang pertama adalah babak kualifikasi, kualifikasi ini bersifat terbuka mencakup 34 provinsi, 514 kota,” ujar Gloria.

“Babak kualifikasi akan digelar pada tanggal 26 Agustus sampai 5 September 2021. Para atlet dai 33 provinsi dilakukan juga secara online untuk mendapatkan 11 provinsi terbaik dari gim Free Fire, lima provinsi terbaik dari gim Mobile Legends, dan lima porvinsi untuk gim E-football PES,” sambungnya.

Perlu diketahui, PON XX Papua dijadwalkan pada 2 Oktober sampai 15 Oktober 2021. Dalam ajang olahraga tersebut sekaligus memberikan sejrah baru bagi dunia olahraga Indonesia. Karena untuk pertama kalinya dalam sejarah, esports masuk kedalam cabang olahraga di Indonesia.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini