Share

Lifter Nurul Akmal Jalani Latihan untuk Tampil di PON XX Papua 2021

Antara, Jurnalis · Sabtu 14 Agustus 2021 04:00 WIB
https: img.okezone.com content 2021 08 13 43 2455402 lifter-nurul-akmal-jalani-latihan-untuk-tampil-di-pon-xx-papua-2021-oNgXAl4VMf.jpg Nurul Akmal beraksi di Olimpiade Tokyo 2020. (Foto/Reuters)

JAKARTA - Lifter Nurul Akmal, mengaku sudah mulai menjalani latihan persiapan menjelang PON XX Papua yang akan digelar pada 2-15 Oktober 2021.

Atlet angkat besi berusia 28 tahun itu mengungkapkan saat ini telah memasuki pelatnas untuk melakukan penyesuaian latihan setelah delapan hari karantina setibanya di Indonesia.

Baca juga: Nurul Akmal Alami Body Shaming, Ketua KOI: Dia Ingin Tenang dan Fokus Latihan

"Untuk pelatihan selanjutnya untuk PON Papua, Amel 'kan mewakili Aceh, sekalian persiapan untuk SEA Games Vietnam dan Asian Games China, dan langsung untuk pengambilan tiket kualifikasi Paris 2024," kata Nurul Akmal, yang akrab disapa Amel, dalam diskusi virtual FMB9, Jumat.

"Mungkin penyesuaian dulu, karena dari karantina belum pernah latihan... tidak pulang ke Aceh, saya di Jakarta terus," tambahnya.

Foto/Reuters

Nantinya, ia mengungkapkan kontingen Aceh akan menuju Jakarta, kemudian berangkat bersama menuju Papua. "Informasi dari KONI Aceh mungkin tanggal 2 Oktober penerima angkat besi di Papua, mungkin, (karena) dibatasi di sana."

Baca juga: Lifter Nurul Akmal Jadi Korban Pelecehan Fisik, Pelatih: Dia Baik-Baik Saja

"Karena bergantian dengan angkat berat atau binaraga mungkin, kalau dari angkat besi. Jadi, enggak boleh kerumunan, ya, yang itu pulang, yang ini masuk, nanti kami yang pulang, angkat berat yang datang," ujar Amel.

Lebih lanjut, ia mengatakan latihan dilakukan seperti biasa, yaitu dua kali sehari. Menurut dia, tidak ada perbedaan latihan dari sebelum pandemi.

"Sekarang ini tetap sama, mungkin dari pandemi lebih lagi karena banyak vitamin yang harus dikonsumsi untuk menjaga daya tahan tubuh, imun," tutur Amel.

Bahkan, ia mengungkapkan saat pandemi malah lebih fokus latihan.

Foto/Reuters

Berkaitan dengan persaingan di cabang olahraga angkat besi, Nurul Akmal, yang mencetak sejarah sebagai lifter putri pertama Indonesia yang tampil pada kelas berat (+87kg) Olimpiade Tokyo, mengakui lawan terberatnya adalah dirinya sendiri.

"Mungkin mental aja diperbagus nanti," ungkap Nurul.

Sementara mengenai target emas PON XX Papua, Nurul hanya mengucap "InsyaAllah."

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini