Ribuan Personil Gabungan Siap Amankan PON XX Papua

Edy Siswanto, Jurnalis · Rabu 28 April 2021 19:14 WIB
https: img.okezone.com content 2021 04 28 43 2402394 ribuan-personil-gabungan-siap-amankan-pon-xx-papua-1n27iBnUjd.JPG Polda Papua menyiapkan ribuan personil untuk mengamankan PON Papua (Foto: Edy Siswanto/Okezone)

JAYAPURA - Polda Papua bersama pihak TNI dalam hal ini Kodam XVII Cenderawasih dan mitra siap mengamankan pelaksanaan PON XX 2021 dan Pekan Paralimpic Nasional (Peparnas) XVI Papua yang akan digelar pada Oktober dan November 2021 mendatang.

Sebanyak hampir 8000 personil gabungan disiagakan di empat cluster palaksanaan PON XX Papua. Kabupaten Jayapura sebanyak 1.669 Personil, Kota Jayapura sebanyak 3.698 personil, Kabupaten Meruke 1000 personil, dan Kabupaten Mimika 1.900 personil.

PON XX Papua

Hal ini dipaparkan Direktur Intelkam Polda Papua, Kombes Pol Guntur Agung Supono, S.Ik, dalam acara sarasehan bersama pemerintah dan awak media termasuk PB PON Papua. Dir Intel dalam paparannya mengungkap beberapa kewaspadaan dan ancaman yang bisa saja menjadi pemicu jika tidak dilakukan penanganan cepat.

Baca juga Jelang PON & Peparnas Papua, Ridwan Kamil Pastikan Kontingen Atlet Jabar Divaksin

"Sebut saja yang saat ini masih terjadi, ada gangguan dari kelompok kKB, ini juga menjadi ancaman. Lalu kelompok afiliasi, seperti KNPB, ULMWP, AMPTP dan lainnya. Ini harus juga dilakukan pe dekatan yang baik, karena suksesi PON Papua adalah harkat dan martabat kita semua, jadi harus sukses," kata Dir Intelkam yang juga menyebut pihaknya getol melakukan sosialisasi terhadap tokoh-tokoh masyarakat dan agama di Papua.

Baca juga Sambut PON XX Papua, Jabar Siapkan 2 Ribu Dosis Vaksin Covid-19

Selain itu, beberapa persoalan yang juga patut menjadi pemikiran berasama adalah terkait infrastruktur PON itu sendiri. Beberapa venue belum rampung dikerjakan dengan berbagai kendala.

"Seperti venue dayung yang masih terkendala dengan hak ulayat, venue rugby di lahan milik AU di Sentani juga belum dikerjakan. Serta beberapa lagi. Nah, ini juga menjadi persoalan bersama. Dan kami Kepolisian siap mengawal seluruh proses ini,"tegas Agung.

Agung juga menyebut akomodasi dan penanganan Arus Lalin serta antisipasi kedatangan tim dan official di Bandara Sentani juga patut difikirkan.

"Seperti Lalin, kami melalui Dirlantas sudah intens bicarakan dengan pihak Perhubunagan,lalu di Bandara Sentani, harus diantisipasi diruang kedatangan. Normal saja biasa numpuk apalagi saat PON. Ini harus difikirkan solusinya, pada pemeriksaan e-Hac di Bandara biasa antri panjang dan ini harus dicarikan solusi,"ucapnya.

Selain paparan dari sisi Keamanan, sarasehan yang digelar disalah satu hotel di Jayapura tersebut juga dihadiri pihak Dinas Kesehatan yang memaparkan kesiapan dibidang Kesehatan , soal Covid -19 maupun Vaksin. Selain pihak Dinekes, kegiatan juga dihadiri PB PON dan Ketua Harian Peparnas XVI Papua, Doren Wakerkwa.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini