Demi Cetak Sejarah Baru, KOI Yakin Indonesia Bisa Jadi Tuan Rumah Olimpiade 2032

Dita Angga R, Jurnalis · Rabu 04 November 2020 14:25 WIB
https: img.okezone.com content 2020 11 04 43 2304055 demi-cetak-sejarah-baru-koi-yakin-indonesia-bisa-jadi-tuan-rumah-olimpiade-2032-26Q78nygif.jpg Ketum KOI, Raja Sapta Oktohari. (Foto: Admiraldy Eka Saputra/Okezone)

JAKARTA - Indonesia saat ini tengah berusaha menargetkan untuk menjadi tuan rumah Olimpiade di 2032 nanti. Menurut pemaparan Ketua Umum (Ketum) Olimpiade Indonesia (KOI), Raja Sapta Oktohari, dirinya cukup yakin acara olahraga multi event terbesar di dunia itu bisa dihelat di Tanah Air.

Jika hal tersebut terjadi, maka Raja Sapta percaya akan ada sejarah baru untuk pesta olahraga Olimpiade tersebut. Namun, untuk mewujudkan itu semua tidak mudah karena Indonesia memiliki banyak saingan.

Raja Sapta mengatakan Indonesia bersaing dengan beberapa negara seperti Australia, Jerman, Unifikasi Korea, Qatar, dan India. Sebab lima negara di atas juga ikut mendaftarkan diri untuk menjadi tuan rumah Olimpiade 2032.

“Tapi kami juga dalam rapat terbatas tadi sampaikan keunggulan yang dimiliki Indonesia yang cukup confident berkompetisi dengan negara-negara lain. Ini mengingat keadaan cuaca maupun suhu yang relatif stabil di Indonesia. Keamanan keramahan, kuliner, keindahan, dan lain-lain menjadi pertimbangan utama,” kata Raja Sapta seusai rapat terbatas bersama Presiden Joko Widodo (Jokowi), Rabu (4/11/2020).

Raja Sapta Oktohari. (Foto: Admiraldy Eka Saputra/Okezone)

Raja Sapta mengatakan bahwa pencalonan ini nantinya akan menjadi warisan bagi bangsa Indonesia ke depan. Menurutnya surat presiden untuk pencalonan sudah menjadi i dokumen sejarah yang mengangkat harkat dan martabat Indonesia ke level lebih tinggi yakni menjadi kandidat tuan rumah olimpiade dan paralimpiade 2032.

“Dan harapannya, apabila kita diberikan kepercayaan ini jadi legacy kita semua. Ini sejarah baru bagi sejarah Indonesia,” ujarnya.

Raja Sapta menyebut bahwa ini tidak saja mencetak sejarah baru di Indonesia. Melainkan juga di olimpiade itu sendiri.

“Ketika Indonesia diberi kepercayaan maka sejarah baru juga terukir dalam dunia olimpiade, yaitu untuk pertama kalinya olimpiade diadakan di Asia Tenggara. Mudah-mudahan kita bisa mendapatkan semua kepercayaan yang dimaksud,” ungkapnya.

“Dan kami memohon dukungan seluruh masyarakat Indonesia untuk bisa mendoakan dan berjuang bersama kita untuk membuktikan bahwa indonesia juga mampu menjadi tuan rumah olimpiade dan paralimpiade 2032,” tutup Raja Sapta.

(mrh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini