5 Atlet Berhijab yang Memberikan Inspirasi, Siapa Saja?

Bagas Abdiel, Jurnalis · Selasa 21 Juli 2020 12:09 WIB
https: img.okezone.com content 2020 07 21 43 2249649 5-atlet-berhijab-yang-memberikan-inspirasi-siapa-saja-h9n52UYfK0.jpg Ibtihaj Muhammad, salah satu atlet berhijab yang menginspirasi (Foto: Instagram)

ATLET wanita yang mengenakan hijab terkadang belum sepenuhnya diterima di dunia internasional. Namun begitu, para atlet berhijab ini tak berhenti mencetak prestasi besar dan memberikan inspirasi kepada publik.

Kebanggaan para atlet mengenakan hijab adalah bukti ketaatan mereka terhadap ajaran agama Islam. Bahkan mereka tidak merasa terbatas dan mampu menunjukkan diri sebagai pribadi yang membanggakan dunia.

Berikut lima atlet berhijab yang memberikan inspirasi

5. Rahaf Khatib, Pelari Maraton

Rahaf adalah pelari asal Michigan, Amerika Serikat. Ia menjadi wanita muslim berhijab pertama yang muncul dalam majalah lifestyle di Amerika Serikat.

Sebagai pelari maraton, Rahaf sangat aktif membagikan kegiatan dan aktivitasnya dalam berolahraga. Sosoknya yang menginspirasi membuat Rahaf tampil di cover majalah Women’s Running dan tak ragu mengungkapkan jati dirinya sebagai wanita muslim.

Rahaf Khatib

4. Stephanie Kurlow, Balerina

Stephanie adalah seorang mualaf. Ia dan keluarga memeluk agama Islam pada 2010 silam. Berasal dari Australia, Stephanie awalnya ragu untuk mengenakan hijab yang dianggap takut untuk menghalangi kariernya sebagai atlet balerina.

Namun, Stephanie mampu mengalahkan rasa takutnya tersebut dan kemudian justru membuka sekolah balerina yang dikhusukan untuk berbagai latar belakang agama dan tradisi. Salah satunya, bagi mereka yang berhijab.

Stephanie Kurlow

3. Zahra Lari, Figure Skater

Zahra adalah atlet figure skater yang berasal dari Uni Emirat Arab. Olahraga figure skater tak jarang menuntut para atlet untuk tampil menarik dengan pakaian yang dikenakan. Tak hanya kemampuan, penampilan juga menjadi daya lebih.

Namun, Zahra tetap pada kesetiaannya dan tetap tampil menarik dengan mengenakan hijab. Kemampuannya yang memukai, Zahra tak jarang berhasil meraih prestasi besar di tingkat internasional.

Zahra pun dikenal menjadi figure skater pertama yang bersaing dengan mengenakan hijab. Ia berharap untuk menjadi inspirasi bagi wanita muda lainnya yang tidak ragu dalam berhijab di setiap kegiatan dan aktivitas.

Zahra Lari

2. Ibtihaj Muhammad, Atlet Anggar

Ibtihaj sempat menggemparkan dunia olahraga AS saat ia mewakili Amerika Serikat untuk bertanding di cabang olahraga Anggar. Pasalnya Ia merupakan wanita muslim berhijab pertama yang mewakili Amerika Serikat di ajang Olimpiade .

Pada Olimpiade 2016 turut di nomor sabre baik individu dan tim. Meski gagal di nomor individu, tetapi ia berhasil membawa tim Amerika Serikat meraih medali perunggu usai mengalahkan Italia di perebutan juara ketiga.

Keberhasilan tersebut membuat Ibtihaj menjadi atlet wanita muslim-Amerika pertama yang mendapatkan medali di Olimpiade. Setelah kiprah apiknya tersebut, ia menjadi salah satu simbol terbaik melawan intoleransi yang dimiliki Amerika.

Ibtihaj Muhammad

1. Bilqis Abdul-Qaadir, Atlet Basket

Bilqis adalah seorang wanita yang gagal mewujudkan impiannya menjadi pebasket profesional. Penampilannya yang mengenakan hijab menggagalkan Bilqis untuk menjadi atlet basket seperti wanita pada umumnya.

Ini terjadi karena Federasi Bola Basket Dunia (FIBA) sempat melarang penggunaan hijab untuk olahraga ini. Tetapi, Bilqis tak menyerah. Ia membawa kasus ini ke pengadilan dan berhasil memenangkan perkara tersebut.

Setelah itu, Bilqies sering malang melintang dalam dunia basket antar pergurutan tinggi di Amerika Serikat. Ia kemudian mencetak prestasi besar bersama Tim Universitas Memphis (S1) dan Univesitas Indiana State (S2). Ia juga sempat menjadi bagian dari Timnas Wanita Negara Bagian Indiana dan kini tengah menyelesaikan gelar masternya dalam bidang kepelatihan.

Bilqis Abdul-Qadir

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini