nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Tak Permasalahkan Virus Korona, Jepang Pastikan Olimpiade 2020 Tetap Berjalan

Rivan Nasri Rachman, Jurnalis · Selasa 04 Februari 2020 00:02 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2020 02 03 43 2162791 tak-permasalahkan-virus-korona-jepang-pastikan-olimpiade-2020-tetap-berjalan-HRgWVrcO8n.jpg Olimpiade 2020 dipastikan tetap dihelat meski dibayang-bayangi wabah Virus Korona. (Foto: Twitter Olympic)

TOKYO – Menteri Olimpiade Jepang, Seiko Hashimoto, memastikan pesta olahraga multi event terbesar di dunia yang bakal dihelat dari 27 Juli sampai 9 Agustus 2019 di Tokyo akan tetap berjalan sesuai rencana. Meski ada ancaman Virus Korona yang saat ini tengah menjadi pusat perhatian dunia, namun pihak Jepang memastikan hal tersebut takkan mengubah susunan acara Olimpiade Tokyo 2020.

Hashimoto menegaskan pihaknya tidak mempertimbangkan sama sekali untuk menunda apalagi menghentikan Olimpiade 2020. Ucapan Hashimoto itu juga didukung oleh Perdana Menteri Jepang, Shinzo Abe, yang memastikan pemerintah akan terus bekerja sama dengan beberapa organisasi terkait untuk membuat Virus Korona takkan mempengaruhi ajang empat tahunan tersebut.

Baca Juga: 3 Atlet Angkat Besi Indonesia Akan Jalani Kualifikasi Olimpiade 2020 di Iran

“Kami akan terus melakukan kontak dengan semua orang, termasuk Komite Olimpiade Internasional dan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), untuk mengambil langkah-langkah yang tepat dan menjaga agar Virus Korona tidak mempengaruhi jalannya Olimpiade,” ucap Abe, seperti yang dikutip dari Sky Sports, Selasa (4/2/2020).

Karena Virus Korona bermula dari wilayah Wuhan, China, maka Panitia Olimpiade 2020 pun memberikan persyaratan khusus untuk para atlet dari negara tersebut. Seperti para atlet yang ingin berkompetisi di ajang Olimpiade 2020, maka mereka harus terlebih dahulu mendapatkan sertifikat medis dan menjalani skrining untuk memastikan mereka tak terjangkit virus menular.

Semua langkah itu diambil demi mencegah Virus Corona masuk ke wilayah Jepang dari para atlet China. Apalagi, penularan Virus Korona sangat mudah tertular hanya dengan melalui udara saja.

Tentu apa yang dilakukan Jepang termasuk sebuah langkah yang berani. Sebab berbagai cabang olahraga (Cabor) di dunia saat ini yang berkaitan erat dengan China dikabarkan banyak yang tertunda. Sebut saja Kejuaraan Asia Bulu Tangkis, Formula One (F1) GP China, Liga Super China, dan masih banyak lagi.

1
2
Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini