nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Selain Marquez, Ini 5 Pembalap yang Sempat Kuasai Dunia Motorsport

Ezha Herdanu, Jurnalis · Senin 07 Oktober 2019 12:42 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 10 07 43 2113777 selain-marquez-ini-5-pembalap-yang-sempat-kuasai-dunia-motorsport-NvwWe08x0L.jpg Marc Marquez (Foto: motogp.com)

MARC Marquez berhasil memastikan dirinya sebagai juara dunia MotoGP musim 2019 usai memenangkan balapan di Sirkuit Internasional Chang, Thailand, pada Minggu 6 Oktober 2019. Kemenangan itu membuat raihan poin Marquez dipastikan takkan mampu bisa dikejar oleh pesaing terdekatnya, Andrea Dovizioso.

Keberhasilan Marquez menjuarai MotoGP 2019 pun semakin mengukuhkan dirinya sebagai penguasa ajang tersebut. Ya, The Baby Alien –julukan Marquez– sendiri berhasil menjadi kampiun MotoGP dalam empat musim terakhir.

Akan tetapi sebelum Marquez, sejatinya ada lima nama yang memang sempat mendominasi sebuah kejuaraan dunia motorsport. Berikut lima pembalap yang sempat menguasai kejuaraan dunia motorsport, yang Okezone rangkum dari Fox Sport Asia, Senin (7/10/2019):

5. Valentino Rossi (MotoGP)

Valentino Rossi

Jauh sebelum Marquez, Rossi sempat berstatus sebagai penguasa kejuaraan dunia MotoGP. Bahkan Rossi berhasil mendominasi kejuaraan dunia MotoGP selama lima musim atau tepatnya sejak 2001 hingga 2005.

Rossi memulai dominasinya di MotoGP 2001 dengan memenangkan persaingan atas kompatriotnya, yakni Max Biaggi. Rossi yang kala itu masih sangat muda, mampu membuat Biaggi yang berstatus pembalap senior benar-benar bak amatir.

Rossi sendiri sempat dua musim gagal menjuarai MotoGP di musim 2006 dan 2007. Pada MotoGP 2006, Rossi secara mengejutkan kalah dari Nick Hayden (Repsol Honda). Sementara semusim berikutnya, ia harus merelakan Casey Stoner (Ducati) yang menjadi juara dunia. Terhitung, Rossi berhasil menorehkan tujuh gelar juara dunia selama berkarier di MotoGP.

4. Lewis Hamilton (Formula One)

Lewis Hamilton

Sama seperti yang dilakukan Marc Marquez di MotoGP, Lewis Hamilton pun mampu begitu menguasai kejuaraan dunia Formula One (F1) dalam beberapa tahun terakhir. Terhitung sejak F1 musim 2014, Hamilton hanya sekali absen jadi juara dunia.

Hal tersebut terjadi pada F1 2016, Hamilton harus rela melihat rekan setimnya, yakni Nico Rosberg, yang merengkuh titel juara dunia. Namun itu jadi satu-satunya kegagalan The Boss –julukan Hamilton– menjadi juara dunia F1 sejak 2014.

Bahkan, Hamilton berpeluang menambah koleksi gelar juara dunia di F1 2019, mengingat ia hingga saat ini masih memimpin klasemen sementara dengan raihan 322 poin atau unggul 73 poin dari tandemnya di Tim Mercedes AMG Petronas, yakni Valtteri Bottas.

3. Michael Schumacher (Formula One)

Michael Schumacher

Jika mendengar nama Schumacher, maka yang terlintas dalam pikiran Anda adalah Ferrari dan titel juara dunia Formula One (F1). Ya, Schumacher memang bisa dibilang sebagai salah satu pembalap tersukses dalam sejarah kejuaraan dunia balap ‘Jet Darat’ tersebut.

Tujuh gelar juara dunia F1 berhasil ditorehkan pria berkebangsaan Jerman tersebut. Tercatat, Schumacher memulai dominasinya di F1 ketika tampil bersama Tim Mild Seven Benetton Ford di musim 1994. Dua gelar juara berhasil dipersembahkan Schumacher untuk timnya itu sebelum hengkang ke Ferrari.

Empat tahun awalnya di Tim Ferrari, Schumacher memang melalui masa-masa sulit. Baru pada F1 2000 keran gelar juara Schumacher untuk Tim Ferrari terbuka. Bersama tim asal Italia tersebut, Schumacher berhasil menyabet lima gelar juara dunia yang didapatkan secara beruntu

2. Sebastian Vettel (Formula One)

Sebastian Vettel saat masih memperkuat Tim Red Bull

Kejuaraan dunia Formula One (F1) memang menjadi ajang balap yang acap kali menelurkan pembalap hebat yang berhasil jadi juara dunia rentetan prestasi yang didapatkannya. Vettel adalah salah satu yang berhasil menjuarai F1 untuk beberapa waktu secara berurutan.

Ya, Vettel memulai karier sebagai pembalap di F1 pada musim 2008 dengan memperkuat Tim Scuderia Toro Rosso. Penampilan impresifnya di F1 2008 membuat Tim Red Bull Racing merekrutnya setahun kemudian.

Bersama Tim Red Bull, Vettel memang menjelma sebagai pembalap papan atas. Bahkan Vettel langsung menyabet status sebagai runner-up di musim perdananya bersama Tim Red Bull. Setelah itu, Vettel berhasil menyumbangkan empat gelar juara dunia F1 untuk Tim Red Bull secara berurutan, sebelum akhirnya pindah Tim Scuderia Ferrari pada F1 2017.

1. Sebastian Loeb (World Rally Championship)

Sebastian Loeb

Ajang World Rally Championship (WRC) memang sedikit asing bagi para pecinta olahraga balap di Indonesia. Meski begitu tidak menutup popularitas Loeb sebagai salah satu pembalap tersukses sepanjang sejarah.

Memulai kariernya di WRC pada musim 2003, Loeb mampu langsung menyabet status runner-up bersama Tim Citroen Total. Semusim berikutnya, Loeb memulai dominasinya di WRC bersama Tim Citroen Total.

Terhitung, sembilan gelar juara dunia WRC berhasil dipersembahkan pembalap berkebangsaan Prancis tersebut untuk Tim Citroen Total. Hingga kini, Loeb pun disebut-sebut sebagai salah satu pembalap paling sukses sepanjang sejarah WRC.

1
5

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini