nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Terkait Bendera Merah Putih Terbalik, Pemerintah Malaysia Undang Menpora Imam Nahrawi

Tatang Adhiwidharta, Jurnalis · Minggu 20 Agustus 2017 12:30 WIB
https: img.okeinfo.net content 2017 08 20 43 1759279 masalah-merah-putih-terbalik-akhirnya-pemerintah-malaysia-beriktikad-baik-yA4Sk2k2yb.jpg Khairy Jamaluddin. (Foto: The Malay Mail online)

KUALA LUMPUR – Kejadian memalukan sempat terjadi dalam acara pembukaan SEA Games 2017, Kuala Lumpur, Malaysia. Itu terjadi dalam buku bertajuk souvenir special yang dibagikan kepada tamu undangan, termasuk Menpora Imam Nahrawi.

Sayangnya, dalam buku tersebut didapatkan bendera Merah Putih Indonesia, terbalik. Lambang negara Indonesia itu terlihat layaknya bendera milik Polandia.

Baca Juga: Terkait Bendera Terbalik Indonesia, Puan Maharani: Kami Menunggu Iktikad Baik dari Malaysia

Mengakui kesalahan yang dilakukan, Menteri Pemuda dan Olahraga, Malaysia, Khairy Jamaluddin mengundang Imam Nahrawi. Hal tersebut tertuang dalam undangan bernomor KBS.PM:MBS:600-1/02/08/2017.

Sebelumnya, Khairy sempat meminta maaf kepada Imam lewat media sosial Twitter. Namun, untuk meredam panasnya situasi tersebut, pemerintah Malaysia mengundang pihak Indonesia untuk menyelesaikan kekhilafan Negeri Jiran tersebut di buku cindera mata Kuala Lumpur 2017.

Baca Juga: Bendera Indonesia Terbalik, Imam Nahrawi Harapkan Pemerintah Malaysia Buat Pernyataan Resmi

Sekadar informasi kesalahan terjadi di halaman ke-80  dan 34 dalam buku tersebut. Posisi tersebut bersebelahan dengan bendera Malaysia yang  menandakan negara yang sudah menjadi tuan rumah SEA Games.

Di bawah bendera tersebut terpampang jelas tahun Indonesia menjadi tuan rumah SEA Games yaitu 1979, 1987, 1997 dan 2011. Lantas kesalahan mencetak bendera hanya terjadi pada Indonesia. Sementara 10 bendera negara peserta SEA Games 2017 lainnya tercetak dengan benar.

(fmh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini