nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Penggunaan Winglet Dilarang, Yamaha Perkenalkan Fairing Anyar

Tatang Adhiwidharta, Jurnalis · Sabtu 19 November 2016 08:04 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2016 11 19 38 1545675 penggunaan-winglet-dilarang-yamaha-perkenalkan-fairing-anyar-delM0HKKkk.jpg

VALENCIA – Tim Principal Yamaha Tech3, Herve Poncharal terkejut melihat perkembangan yang dilakukan Yamaha saat uji coba pascamusim di Sirkuit Ricardo Torno, Valencia. Pada kesempatan itu tim yang berbasis di Jepang dan Italia tersebut menggunakan fairing anyar untuk menghadapi MotoGP musim 2017.

Seperti diketahui, musim depan penggunaan Winglet tak akan diizinkan berada di kuda besi para rider. Sebab Direktur Teknik telah menyetujui untuk menghentikan penggunaan perangkat yang menonjol dari fairing motor.

Kendati demikian, Yamaha membuat terobosan dengan membuat fairing anyar pada kuda besinya. Hal tersebut dilakukan untuk menambah akselerasi motor saat menukik dan menikung di lintasan balap.

“Saya telah berbicara dengan para insinyur Yamaha kemarin mereka terkejut dengan perbedaan motor. Mereka melihat ada beberapa manfaat yang bisa dilihat apabila tak menggunakan sayap,” ujar Poncharal mengutip Crash, Sabtu (19/11/2016).

“Saya tahu setelah larangan itu ada beberapa spekulasi dan ketakutan dari Direktur Teknis bahwa tim balap tak menggunakan sayap merupakan hal yang gila. Namun dengan aturan itu, Yamaha membuat fairing khusus dan itu terbukti baik,” tuntasnya.

(fmh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini